Pola Batik Sumedang

0 54

Pola Batik Sumedang

Kota Sumedang bukanlah daerah yang memiliki tradisi membatik. Seiring dengan perkembangan dan pertautan budaya, serta kreatifitas warganya maka munculah batik di Sumedang pada pertengahan tahun 90-an. Namun pada tahun 2004, usaha Batik Sumedang mulai mengalami penyusutan dan juga kerugian. Terutama setelah populernya tekstil bercorak batik. Masuknya tekstil bercorak batik mengubah konstelasi batik kesumedangan pun hilang dari pasaran.

Batik Sumedang namanya memang belum seterkenal dengan nama-nama batik di daerah Jawa Barat lainnya seperti Batik Cirebon, Batik Garut, dan lain-lain. Saat ini memang sedikit sulit untuk menemukan batik Sumedang karena pengrajinnya sudah semakin jarang ditemukan. Batik khas Sumedang yang digali dari warisan budaya yang hidup di Sumedang menjadi ciri dari batik khas Sumedang.

Batik Sumedang disebut dengan Kasumedangan dan memiliki pola ceplokan. Batik Kasumedangan, adalah salah satu contoh warisan asli budaya yang merupakan simbol Kerajaan Sumedang, yang memiliki ciri khas budaya yang melambangkan keluhuran nilai Budaya Sunda, namun karena kurangnya perhatian dan bantuan dari Pemerintah Daerah akhirnya kini Batik Kasumedangan sudah dianggap mati suri.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-sumedang/
Comments
Loading...