Pola Batik Sidomukti Carica

0 566

Pola Batik Sidomukti Carica

Pola pada Batik Sidomukti Carica menggunakan cap batik. Secara garis besar motif dari Sidomukti berupa bentuk geometris. Polanya berupa bidang persegi yang setiap bagian bidangnya diisi dengan satu motif carica. Bidang persegi tersebut berukuran 8 cm x 8 cm. Pada pola, bentuk motif sedikit ada perubahan pada arah tangkai daunnya. Ada motif carica yang arah tangkainya cembung dan motif carica dengan arah tangkai cekung.

Motif disusun pada setiap bidang dengan arah tangkai daunnya bersilangan secara diagonal. Dari susunan tersebut terlihat adanya keseimbangan simetris, yaitu pembagian yang sama dan berulang. Elemen garis berupa komposisi tiga garis gelombang yang mengelilingi pada setiap sisi-sisi bidangnya. Pada titik pertemuan garis diberi tambahan lingkaran kecil.

Pola Sidomukti carica kemudian dibuat cap batik. Ukuran cap pola Sidomukti Carica adalah dengan polanya yaitu ukuran 18 cm x 18 cm. Pola penerapan dengan bantuan garis yaitu pola ulang melintang. Cap batik dicapkan pada kain secara berurutan dan terus menyambung sehingga garis-garis gelombang mengelilingi setap motif utama yaitu motif carica. Pola disusun penuh sesuai ukuran kain.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...