Pola Batik Sekar Jagad Carica

0 247

Pola Batik Sekar Jagad Carica

Bentuk pola pada Sekar jagad adalah pola geometris yaitu bentuk persegi dengan ukuran sisi 20 cm. Persegi tersebut diisi dengan bidang-bidang belah ketupat. Ukuran sisi masing-masing bidang belah ketupat adalah 7 cm. Pola ini menggunakan bantuan garis dengan pola ulang diagonal. Polanya berupa bidangbidang belah ketupat yang kemudian di dalamnya diisi dengan motif. Bidang tersebut diisi dengan motif-motif yang pokok di Carica Lestari.

Untuk penyusunan pola, merupakan komposisi dari delapan motif, yaitu Motif Jamur, Rejeng, Cabe, Truntum, Kawung, Buah, Carica, dan Daun Teh. Setiap motif disusun mengisi bidang belah ketupat yang menyusun pola. Belah ketupat tersebut diperoleh dari bidang persegi yang tengahnya timbul karena adanya perpotongan dari garis diagonal.

Batik Sekar Jagad Carica diproses dengan teknik batik cap. Batik cap dipilih karena terlalu banyak motif yang digambarkan pada pola ditambah lagi bentuknya yang kecil-kecil dirasa sangat rumit. Sehingga harapannya dengan bantuan cap batik detail motif akan jelas terlihat. Ukuran cap batik Sekar Jagad Carica adalah 20 cm x 20 cm. Penyusunan pada kain dengan pengecapan mendatar berulang. Pengecapan pola pada kain rapi dan teratur. Kain dicap pola secara penuh dan menyambung.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...