Pola Batik Rejeng Carica

0 236

Pola Batik Rejeng Carica

Pola Batik Parang disusun dari motif parang yang merupakan garis diagonal. Pola Batik Rejeng Carica terdiri dari komposisi motif rejeng dan motif carica. Motif rejeng disusun secara diagonal, pada batik parang biasanya bagian tengah diberi bentuk belah ketupat, tapi pada rejeng carica bentuk belah ketupat diganti menjadi bentuk motif purwaceng.

Antara rejeng satu dengan yang lainnya disisipi dengan motif carica, Motif Carica disusun vertikal dan bentuk daun menghadap ke atas dan ke bawah. Kemudian di sampingnya diberi tambahan ukel di atas ukel juga ditambah lagi motif carica yang arah bentuk daunnya ke kiri begitu seterusnya sampai penuh. Ukuran pola rejeng carica dengan panjang 20 cm dan tinggi 15 cm.

Pola penerapan rejeng carica menggunakan cap batik. Cap batik dibuat sesuai pola dengan ukuran panjang 20 cm dan tinggi 15 cm. Batik Rejeng Carica merupakan batik yang diproses dengan teknik batik cap. Penyusunan pola pada kain yang dibentangkan memanjang dari sudut pojok bawah kemudian penuh sampai sudut atas, jadi pengecapan pola penuh pada bidang kain.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...