Pola Batik Parang Carica

0 160

Pola Batik Parang Carica

Pola dalam Batik Parang carica ada dua pola, kedua pola tersebut adalah pola lurik dan pola carica. Pola lurik merupakan pola yang terbentuk dari penyusunan dua motif lurik berjajar dengan tambahan elemen garis gelombang. Motif lurik diselingi dengan garis gelombang. Pola tersebut dibuat dalam cap batik, ukuran cap batik dengan panjang 18 cm dan tinggi 8 cm.

Pola yang kedua adalah pola carica, pola carica tersusun dari komposisi empat motif carica yaitu dua motif carica dengan tangkai cekung dan dua motif carica dengan tangkai cembung.keempat motif tersebut disusun vertikal dan kemudian membentuk pola yang kemudian digambarkan pada cap batik dengan ukuran cap yang panjangnya 18 cm dan tinggi 7 cm.

Pola penerapan pada batik carica merupakan kombinasi dari pola carica dan pola lurik. Pola penerapan pada kain dengan kain memanjang dan dengan teknik batik cap. Pada bidang kain yang pertama dicap adalah motif carica, pengecapan dilakukan dari sudut bagian kiri bawah sampai pada bagian kanan atas. Jarak antara baris yang satu dengan lainnya hanya di kira-kira tetapi kalau dilihat jaraknya tetap teratur dan rapi. Setelah pengecapan selesai, kemudian kain tersebur dicelupkan warna dan motifnya ditutup dengan malam. Kemudian setelah kering ditimpa dengan pengecapan pola lurik yang disusun seperti pengecapan pola carica, dimulai dari sisi kiri bagian bawah kemudian sampai pada kanan atsa. Antara pola yang satu dengan pola yang satunya saling menyambung tidak ada jarak.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...