Pola Batik Mantyasih Magelang

0 275

Pola Batik Mantyasih Magelang

Batik Mantyasih disusun atau dikomposisikan dengan pola sebagai berikut: Terdapat tiga jenis desain gambar lumpang batu dengan perbedaan motif utama rumput liar dan bunga rumput yang berada pada Motif Lumpang Batu. Desain yang pertama Motif Lumpang Batu digambarkan dengan motif bunga rumput liar yang tumbuh di sebelah kiri lubang batu, dan motif bunga rumput liar yang tumbuh di atas batu. Desain yang kedua yaitu Motif Lumpang Batu digambarkan dengan motif bunga rumput liar dan dua jenis rumput yang tumbuh di atas Motif Lumpang Batu, dan desain yang terakhir yaitu Motif Lumpang Batu yang digambarkan dengan Motif Bunga Rumput Liar yang tumbuh di atas batu.

Desain ketiga pada Motif Lumpang Batu tersebut disusun sejajar berdasarkan desain motif yang sama, kemudian diatasnya di susun kembali dengan jenis desain Motif Lumpang Batu yang lain, susunan kedua dilakukan pada rongga susunan dari desain pertama, begitu pula yang dilakukan dengan tumpukan ketiga dengan desain Motif Lumpang batu yang lain, dan dilakukan secara berurutan dan diulang terus menerus. Selain motif membentuk pola sejajar, motif batik juga terlihat membentuk garis miring seperti anak tangga.

Pola miring dalam batik klasik disebut dengan pola pereng atau pola lereng, jadi walaupun Batik Mantyasih Magelang tergolong dalam batik modern, dalam penyusunan polanya masih menggunakan ilmu pola dari batik klasik. Motif-motif tersebut disusun secara berulang dengan memenuhi bidang kain sehingga terkesan monoton. Motif Lumpang Batu merupakan point of interest dalam Batik Mantyasih 69 Magelang. Latar belakang kain tidak diiberikan aksen motif pengisi dan dibiarkan kosong.

Source Pola Batik Mantyasih Magelang Batik
Comments
Loading...