Pola Batik Kediren

0 197

Pola Batik Kediren

Batik Kediren pola klasik diproduksi oleh perusahaan Batik Citaka Dhomas meki hanya berdasarkan pesanan, dengan masih adanya konsumen yang tertarik terhadap pola batik kediren klasik ini, memicu perusahaan batik di Kediri menyediakan batik kediren pola klasik. Batik Kediren pola klasik biasanya dibuat dalam bentuk jarit (kain panjang), saat ini Pola Batik Kediren Klasik ini dipakai masyarakat pada acara-acara resmi, upacara adat, pernikahan, mitoni (masa hamil usia tujuh bulan), dan upacara adat lainnya. Macam-macam Batik Kediren Pola Klasik kebanyakan pembuatannya ditentukan oleh pihak pemesan, beberapa pola tersebut di antaranya: Pola Wahyu Tumurun, Pola Babon Angrem, Pola Semen Romo, Pola Sidoluhur, Pola Sidomukti, Pola Sidomulyo, dan lain-lain.

Batik Kediren Pola Kreasi merupakan inovasi baru hasil kreativitas individu pengrajin batik kediren, jadi sifatnya lebih pada karya pribadi, namun untuk menciptakan Motif-motif Batik Kediren para pengrajin Batik Kediren masih mengacu pada bentuk kesejarahan, ragam seni budaya, kondisi wilayah, pariwisata dan produk unggulan Kabupaten Kediri.

Pola batik kreasi yang ada di Kediri menurut pembagian pola dibagi dalam tiga kelompok antara lain:

  • Batik pola sugesti alam, penggambaran wujud alam sekitar adalah bentuk sugesti/pengaruh dari lingkungan dan kehidupan sehari-hari di sekitar sehingga batik kreasi kediren mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri yang berbeda dengan daerah lain. Pola atau Motif Batik Sugesti Alam yang dibuat oleh pengrajin dan pengusaha batik Kediri, antara lain: Motif Batik Bunga Sakura, Rosella, Bunga Sepatu, Rumpun Bambu, Sawung Tunjung, Angsa, Lung Merak, Mawar Seronce, Mangga Podang, Semongko Sesigar, Dhong Suruh, Teratai, dan lain-lain.
  • Motif Batik Kediren pola abstrak mengetengahkan beberapa elemen unsur-unsur seni, diwujudkan dalam motif batik (motif bebas/kontemporer).
  • Pola Batik Kediren bermotif pariwisata dan budaya mengetengahkan berbagai pariwisata dan budaya yang ada di wilayah Kabupaten Kediri, di antaranya: Gunung Kelud yang berada di Kecamatan Ngancar, Air Terjun Dolo yang berada di wilayah Kecamatan Besuki, Gereja Puh Sarang yang berada di Kecamatan Semen, Monumen Simpang Lima Gumul yang berada di Kecamatan Ngasem, Pamuksan Si Aji Joyoboyo dan Sendang Tirta Kamandanu di Desa Menang Kecamatan Pagu.
Source Pola Batik Kediren Batik
Comments
Loading...