Pola Batik Ceplok Kembang Kates

0 423

Pola Batik Ceplok Kembang Kates

Pembuatan pola pada Batik Ceplok Kembang Kates menggunakan teknik selang-seling (repetition) dan diawali dengan bantuan garis lurus diagonal. Pembuatan pola dengan bantuan garis ada bermacam-macam yaitu pola ulang sejajar, pola ulang menyudut, pola ulang diagonal, pola ulang datar, pola ulang berpotongan, dan pola ulang melintang. Diantara macam-macam pola diatas, batik Ceplok Kembang Kates menggunakan pola ulang diagonal dengan menggunakan garis diagonal atau miring ke kanan, penggambarannya dibuat serupa atau pun sama dan mengesankan motif dalam keadaan yang dinamis dan seakan bergerak akan jatuh ke bawah.

Garis diagonal memberikan karakter gerakan yang dinamis dan gesit. Melambangkan kokoh dan kedinamisan. Fungsi pada pola batik ini agar memudahkan mengkomposisikan antara canting cap dengan pola yang sudah ada. Pola Batik Ceplok Kembang Kates disusun dengan arah diagonal, artinya posisi motif semua motif utama dibuat diagonal dan disela-sela motif bunga diisi cecek melingkar sebagai penghubung bunga satu ke bunga yang lainnya, untuk penyusunannya dibuat dengan pengulangan motif.

Bentuk tersebut disusun secara seimbang, selaras, dan harmonis sehingga menimbulkan kesan yang tidak monoton dan dan menjadi kesatuan yang utuh. Pola ini disusun secara simetris yang berarti bentuk perwujudannya dibuat secara teratur dan motifnya mengalami pengulangan. Dengan pengulangan motif yang teratur tercipta irama yang seimbang, selaras dan indah. Pola Batik Ceplok Kembang Kates merupakan hasil penggubahan dari biji dan bunga kemudian diterapkan di sehelai kain batik.

Source http://eprints.uny.ac.id/32309/1/SKRIPSI%20REAL.pdf
Comments
Loading...