Pola Batik Bola Carica

0 151

Pola Batik Bola Carica

Potensi alam di Wonosobo sangat beragam, dari hasil pertanian dan perkebunan. Misalnya saja daun teh dan daun singkong, memang di Wonosobo banyak terdapat daun teh, tapi di daerah lain juga terdapat daun teh sedangkan carica hanya ada di Wonosobo dan tidak dijumpai di daerah lain. Oleh karena itu, carica diangkat menjadi ikon Wonosobo dan digunakan sebagai motif batik karena dengan carica tidak akan ada orang yang mengklaim bahwa carica miliknya. Tanaman ini sangat spesifik di Kabupaten Wonosobo. Batik yang dihasilkan adalah batik cap dan batik tulis. Untuk Batik Carica mayoritas merupakan batik cap. Hal tersebut dipengaruhi karena pesanan-pesanan dan kain batik yang banyak laku terjual adalah yang bermotif carica.

Motif carica merupakan motif andalan dan banyak peminatnya, sehingga batik dibuat dengan teknik batik cap supaya efisien waktu dan tenaga. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Batik Bola Carica.Batik Bola diciptakan pada waktu ada trend batik bola. Anak muda cenderung suka bola dan tidak terbatas oleh jenis kelamin pria maupun wanita.

Sehingga muncullah ide untuk membuat batik dengan gambar bola. Nama Batik Bola Carica sekaligus sebagai promosi. Pola penerapan Batik Bola Carica merupakan batik yang diproses dengan teknik batik tulis. Pada kain motif-motif disusun secara bebas sehingga membentuk pola bebas. Pola dominan pada Batik Bola Carica adalah motif abstrak yang kemudian digambarkan motif bola di dalamnya.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...