Pola Batik Blok Carica

0 239

Pola Batik Blok Carica

Pola pada Batik Blok Carica sama pola Batik Abstrak Carica, dan cap yang digunakan juga sama. Pola Batik Blok Carica merupakan komposisi motif carica dan motif buah. Pada Batik Blok Carica tangkai yang ada pada motif dihilangkan, baik pada motif carica maupun motif buah. Untuk motif carica berupa daunnya berjumlah tiga buah disusun mengerucut ke atas seperti segitiga, yaitu sisi kanan, kiri dan atas.

Penyusunan dibuat mengerucut seperti segitiga supaya menyatu. Untuk menambah keharmonisan maka ditambahkan motif buah sebagai pelengkap supaya bagian tengah tidak kosong. Batik Blok Carica merupakan batik cap. Pola penerapan motif menggunakan cap batik dan teknik yang digunakan adalah batik cap. Penyusunan motif secara acak penuh pada kain. Kain dibentangkan memanjang kemudian dicap dengan cap batik. Pola Blok Carica sebagai pola ulang tunggal. Pada cap yang digunakan tetap tergambar tangkai baik pada daun maupun buahnya.

Tetapi nanti pada hasil akhir setelah pewarnaan gambar tangkai berupa garis tidak terlihat, karena background yang digunakan adalah blok warna putih. Sehingga garis tangkai hasil pengecapan yang tergambar pada kain menyatu dengan background dan menjadi tidak terlihat. Penyusunan pola pada kain memanjang dengan disusun bolak-balik dan saling bertolak belakang. Antara motif satu dengan lainnya saling mengisi, sehingga tidak ada ruang kosong dan membuat pola pada kain tampak penuh dan berisi walaupun asalnya hanya satu pola yang diulang-ulang dan divariasi pengecapan ketika pola tersebut diterapkan pada kain.

Source http://eprints.uny.ac.id/27571/1/Anita%20Hidayati%2C%2009207241012.pdf
Comments
Loading...