Pola Batik Bakaran Kreasi

0 203

Pola Batik Bakaran Kreasi

Sebagian besar pola batik ciptaan baru atau kreasi termasuk dalam kelompok pola ceplok. Motif utamanya adalah tumbuhan dan hewan (burung, kupu, ikan dan lain-lain). Motif pohon dan bunga perkembangan baru polanya lebih realis dan tidak terlihat perbedaan yang menonjol, secara keseluruhan hampir sama. Pola-pola pada lukisan taman bunga, kupu-kupu, burung-burung, garis-garis dinamis seperti lidah api dan banji, kemungkinan mendapat pengaruh kebudayaan Cina dari tenunan, kostum dan gambar-gambar yang banyak terdapat di pesisir pulau Jawa.

Motif hanya diambil bagian perbagian saja, ada yang berupa buketan, ada juga yang hanya satu batang berkerumbul menyerupai pola ceplok. Batik Bakaran oleh para pembatik tetap dipertahankan agar tidak menghilangkan ciri kedaerahan, atau dengan kata lain harus lebih menonjolkan potensi daerah yang sudah ada. Banyak di antaranya bersumber dari lingkungan alam pesisiran yang berawa sehingga muncul motif regetan tambak, kembang druju, dan lain-lain. Pengulangan-pengulangan dalam penerapan motif-motifnya dilakukan dengan raut, ukuran dan arah dalam interval yang berbeda. Nampak adanya garapan unsur-unsur rupa yang dominan dan ternyata mampu menciptakan kedinamisan dalam komposisi. Panduan bentuk motif, warna, bahan, teknik (batik tulis halus) menyebabkan kain batik yang bersumber dari ide garap lingkungan ini mampu menyiratkan suasana kedaerahan.

Kandungan estetis pada Batik Bakaran Kreasi tampak pada wujud atau rupa yang mempunyai keunikan pada serat-serat halus yang menjadi tanahan dan seakanakan menghubungan motif satu dengan motif lainnya. Pada proses nitik tidak bisa tergantikan dengan teknik cap. Begitu juga pada unsur warna biru yang selalu ada mengelilingi titik, dan hal ini tidak dapat diganti dengan warna lain, kalau diganti menjadi bukan Batik Bakaran lagi. Batik Bakaran sangat berarti bagi masyarakat, entah itu untuk mendukung busana tradisional atau keuntungan secara ekonomi. Beberapa motif batik kreasi memiliki arti dan pesan baik secara pribadi maupun komunitas.

Source http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/79129/jurnal%20bakaran_Soekma.pdf?sequence=1
Comments
Loading...