infobatik.id

PNS Kuningan Wajib Pakai Batik Keagungan

0 31

PNS Kuningan Wajib Pakai Batik Keagungan

Untuk dapat mengembangkan dan mewujudkan keberadaan batik khas Kuningan menjadi ikon daerah, seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Kuningan wajib mengenakan seragam kerja batik keagungan khas Kuningan untuk setiap Kamis. Pada hari kerja lainnya, diperkenankan mengenakan batik lainnya. Bupati Kuningan H.Aang Hamid Suganda, pihaknya menyatakan merasa bangga karena sekarang ini Kuningan sudah memiliki corak batik khas Kuningan sendiri yang diprakarsai oleh Dekranasda. “Batik bermotif kuda Kuningan atau kancra bodas, merupakan kebanggaan sehingga setiap PNS di Kabupaten Kuningan diwajibkan memakai seragam kerjanya batik khas Kuningan paling tidak setiap Kamis,” tutur Bupati Aang.

Mengenakan seragam batik khas Kuningan di kalangan PNS pada hari kerja setiap Kamis, tentu membuat bangga bagi Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kab.Kuningan, Ny.Hj. Utje Ch Suganda,S.Sos, yang diakui sebagai penggagas lahirnya batik khas Kuningan tersebut. Kabupaten Kuningan akhirnya berhasil memiliki batik khas setelah melalui perjalanan panjang mulai mengadakan lomba design motif hingga menuangkan kedalam kain berupa batik tulis maupun print (cetak). Dari 20 motif unggulan, terdapat motif kuda dan kancra bodas sebagai motif khas yang tidak dimiliki daerah lain.

Batik telah ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya bangsa Indonesia, sehingga tidak berlebihan jika setiap daerah di Indonesia saat ini berupaya untuk mengembangkan kekhasan batik di setiap daerahnya. Kuningan memiliki keberagaman budaya, sejarah dan ciri khas daerah yang sudah lebih dulu dikenal, seperti kuda Kuningan, Ikan Dewa (kancra bodas), Gunung Ciremai, Gedung Naskah Linggarjati (tempat perundingan pemerintah Belanda dan RI). Untuk dapat menciptakan batik khas Kuningan adalah sebuah impian apalagi Kuningan belum memiliki sentra pengrajin batik dan dari sejarah pun di Kuningan belum ditemukan adanya motif batik khas Kuningan. Utje juga berharap agar para pihak yang tergabung dalam organisasi pengusaha termasuk satuan kerja perangkat daerah, untuk turut ambil bagian dalam upaya meningkatkan industri batik khas Kuningan, sehingga dapat berkembang dan menjadi ikon daerah serta dapat diterima oleh masyatakat Kuningan.

Pada kesempatan berbeda, Ketua Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Kabupaten Kuningan, H.Maman Kusna Indra Kusumah, mengaku turut bangga dan merasa terpanggil untuk ikut mengembangkannya.Dia juga merasa optimistis batik khas Kuningan bisa berkembang, apalagi kalau ada imbauan atau ketentuan dari pemerintah daerah bahwa para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan anak sekolah, diwajibkan menggunakan pakaian seragam batik khas daerah pada hari-hari tertentu.

Source http://www.pikiran-rakyat.com/ http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2012/08/09/199020/pns-kuningan-wajib-pakai-batik-%E2%80%9Ckeagungan%E2%80%9D
Comments
Loading...