PNS Kota Madiun Ini Sukses Berwirausaha Batik Berkat Motif Pecel

0 141

PNS Kota Madiun Ini Sukses Berwirausaha Batik Berkat Motif Pecel

Meski telah hidup mapan sebagai seorang pegawai negeri sipil (PNS) di Kota Madiun, Sri Murniyati, 50, tetap ingin berinovasi. Saat ini, Murni sukses dalam berwirausaha batik berkat motif khas pecel Madiun. Saat ditemui di galeri batiknya di Jl. Halmahera No. 21, Kelurahan Kartoharjo, Kota Madiun, Murni menceritakan awalnya mencoba belajar membatik saat ada pelatihan membatik di rumah dinas wali kota yang diselenggarakan Disperindag Kota Madiun tahun 2010 silam. Saat itu, dirinya merupakan PNS Satpol PP Kota Madiun.

Setelah mengikuti pelatihan, Murni semakin tertarik dengan membatik. Ketertarikan itu membuat Murni ingin terus belajar membatik. Dia pun belajar membatik ke Yogyakarta dan Solo. “Di Solo dan Yogyakarta kan banyak pembatik yang hebat. Saya belajar ke sana untuk lebih memperdalam ilmu membatik,” kata ibu tiga anak ini. Setelah dirasa cukup, Murni kemudian mencoba memproduksi batik sendiri. Dengan berbagai pertimbangan, Kasi Pemerintahan Kelurahan Nambangan Lor, Kota Madiun, ini kemudian mengkreasikan batik dengan motif pecel yang menjadi makanan khas Madiun. “Saya mengangkat motif pecel. Jadi di dalamnya ada kacang panjang, daun singkong, kacang tanah, bunga turi, cabai, dan lainnya,” ujar dia.

Siapa sangka, kreasi Murni mendapat apresiasi dari publik. Banyak wisatawan dan kolektor batik mencari dan membeli batik khas Madiun itu sebagai oleh-oleh. Usaha terus berkembang hingga Murni memiliki karyawan sekitar 12 orang yang merupakan warga sekitar. Jumlah karyawan bertambah saat ada pesanan dalam jumlah besar. Tidak melulu bermotif pecel, dia juga mengolaborasikan motif batik klasik dengan pecel. Semisal motif kawung dengan motif pecel, motif parang dengan motif pecel, dan lainnya.

Source http://old.solopos.com/ http://old.solopos.com/2017/10/03/kisah-inspiratif-pns-kota-madiun-ini-sukses-berwirausaha-batik-berkat-motif-pecel-856484http://old.solopos.com/2017/10/03/kisah-inspiratif-pns-kota-madiun-ini-sukses-berwirausaha-batik-berkat-motif-pecel-856484
Comments
Loading...