Pewarnaan Batik Dengan Cara yang Baik

0 226

Pewarnaan Batik Dengan Cara yang Baik

Proses pembuatan batik merupakan proses yang menjadi ciri khas dari batik itu sendiri. Setelah batik diproses dengan tahapan yang diberi nama sebagai nglowongi yaitu proses pemberian lilin malam pada kain. Proses ini dilakukan dengan menggunakan canting cecekan setelah proses ngiseni selesai dilanjutkan dengan tahapan nerusi yaitu proses dimana batik dilakukan dengan membatik ulang bagian belakang kain yang sudah dibatik, tetapi lilin malam tidak menembus kain. Hal ini perlu dilakukan agar saat pewarnaan, zat pewarna tidak dapat menembus lilin malam sehingga tidak meresap ke mana-mana.

Proses pemberian warna pada bagian-bagian motif yang diinginkan dengan menggunakan zat warna yang berjenis remasol dan juga zat warna yang berjenis naphtol. Pemberian warna remasol dilakukan dengan cara mencoletkannya ke bagian bagian motif yang diinginkan. Fungsi dari pewarnaan ini adalah memberikan variasi warna agar batik dapat menjadi lebih cerah dan juga lebih menarik. Karakter warna remasol cenderung memiliki warna yang berjenis terang dan cerah. Warna-warna remasol yang beredar dipasaran antara lain adalah warna remasol yellow (kuning), remasol merah, kemudian remasol blue yang berwarna biru dan juga remasol blue turqois atau remasol berwarna biru turqois.

Warna-warna batik yang diinginkan dapat diperoleh dengan cara mencampur warna-warna dasar tersebut. Warna ungu dapat diperoleh dengan cara mencampurkan warna biru dengan warna merah. Warna hijau diperoleh dengan mencampurkan antara warna biru dengan warna kuning. Sementara warna orange diperoleh dengan cara mencampurkan warna merah yang dicampurkan dengan warna kuning.

Source Pewarnaan Batik Dengan Cara yang Baik Batik
Comments
Loading...