Pewarnaan Batik Bola Yogyakarta

0 180

Pewarnaan Batik Bola Yogyakarta

Perkembangan motif batik ini terutama terjadi setelah era modernisasi yang memunculkan berbagai jenis motif yang benar-benar baru seperti motif batik bola yang menggambarkan berbagai jenis motif dengan klub bola terkenal mancanegara dan juga motif baju batik dengan berbagai jenis gambar mobil. Batik dengan motif klub bola ini telah memiliki cukup banyak peminat terutama dikalangan peminat batik yang berumur muda dan juga para penggila bola. Batik dengan Motif Batik Bola ini dimulai di daerah Desa Gunting, Gilangharjo, Pandak, Bantul, Yogyakarta. Desa yang perkma kali membuat baju batik bola ini memiliki jarak sekitar dua puluh kilometer jika kita hitung dari arah tugu Yogyakarta. Di desa ini lah seorang pengrajin batik yang juga penggila bola terinspirasi untuk membuat batik dengan motif klub bola mancanegara.

Bapak Tumilan merupakan pencetus ide pembuatan Batik Bola ini berkutat tiga bulan lamanya untuk bisa mewujudkan ide beliau membuat batik bola. Keinginan membuat batik dengan Motif Bola ini beliau dapat berdasarkan inspirasi dari Piala Dunia yang saat itu sedang berlangsung. Penciptaan karya seni baju batiknya ini adalah sebuah jenis batik dalam bentuk kontemporer. Pewarnaan yang dipergunakan oleh bapak Tumilan dalam karya batik bolanya masih menggunakan cara dan gaya pewarnaan batik yang klasik. Proses pembuatan motif dalam batiknya adalah gabungan antara baju batik printing yang dipadupadankan dengan jenis batik fashion.

Untuk pembuatan warna dasar pada Batik Bolanya ini, Bapak Tumilan lebih memilih mengunakan warna-warna baju batik dengan jenis kontemporer seperti warna biru, warna ungu atau warna yang berjenis  agak kemerah-merahan yang kemudian dipadukan dengan warna bola kaki tersebut yang berwarna hitam putih. Teknik pewarnaan yang digunakan dalam membuat baju batik bola ini menggunakan teknik airbrush. Motif Batik Bola yang telah menjadi favorit dalam masyarakat adalah motif batik bola lancip, motif batik ini memadukan antara gambar Motif Batik Bola dan motif batik dengan motif parang lancip. Warna batik ini kemudian juga dipadukan dengan warna dari bendera para peserta piala dunia. Batik Bola kreasi bapa Tumilan ini kemudian disesuaikan dengan warna bendera  negara peserta atau bisa juga warna dari kostum para pemain bola sehingga menjadi lebih menarik.

Source Pewarnaan Batik Bola Yogyakarta Batik
Comments
Loading...