infobatik.id

Pewarna Dalam Batik Sablon atau Printing

0 57

Pewarna Dalam Batik Sablon atau Printing

Dalam pewarna batik sablon terdiri dari berbagai jenis. Masing-masing jenis memiliki karakter dan sifatnya sendiri-sendiri. Macam-macam pewarna batik sablon yang sering dipakai oleh produsen batik printing, antara lain :

  • Manuteks
    Bahan berbentuk serbuk (bubuk) sebagai bahan untuk campuran berbagai zat pewarna. Diantaranya sebagai campuran obat procion (prosen). Sebelum digunakan obat ini harus diberi air panas sampai berbentuk pasta, kemudian didiamkan selama 12 jam atau semalam untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain itu manuteks berfungsi agar hasil penyablonan kelihatan rapi.
  • Procion
    Golongan cat reaktif, yaitu golongan cat baru yang langsung menghasilkan warna pada mori. Warna cat procion sangat menyolok dan kuat sehingga sangat disukai para perajin batik Pekalongan. Pemakaiannya dalam batik sablon dicampur dengan manuteks dan air panas. Sebelum untuk proses penyablonan harus diinapkan selama satu malam. Beberapa contoh cat procion antara lain :
    – procion yellow RS
    – procion briliant orange GS
    – procion briliant red 2 BS
    – procion blue 3 GS
    – procion briliant yellow 6 GS
    – procion briliant blue RS
    – procion briliant red 5 BS
  • Vigmen
    Obat warna sintetis untuk sablon tekstil berbentuk cair. Karena itu penggunaan untuk sablon harus dicampur dengan blinder terlebih dahulu.
  • Blinder
    Bahan pengental vigmen. Bentuknya pasta berwarna putih atau netral. Selain untuk pengental blinder juga berfungsi untuk melicinkan proses penyablonan.
  • Obat Base
    Bahan pembangkit warna Napthol yang belum dibuat garam atau belum diazokan. Obat-obat base ini lebih rumit karena warna baru akan muncul setelah melalui proses diazoteren lebih dahulu. Sebelum melalui proses penggaraman (diazo) tersebut warna tidak muncul secara langsung. Tentu hal ini berbeda dengan ketika kita menggunakan bahan vigmen atau procion.
    Macam-macam Napthol antara lain :
    – Naphazol A
    – Naphazol D
    – Naphazol F
    – Naphazol B
    – Naphazol 3B
    – Naphazol SW
    – Naphazol J
    – Naphazol STR
    – Naphazol RL
    – Naphazol TR
  • Macam-macam garam :
    Garam Orange JS
    Garam R
    Garam Bordo GP
    Garam GG
    Garam OMerah 3 GL
    Garam Biru BL
    Garam Merah B
    Garam violet B
  • Obat pendukung
    Obat pendukung adalah jenis kimia yang berfungsi untuk campuran cairan warna. Obat pendukung tersebut antara lain : Blinder berfungsi untuk mengentalkan vigmen juga untuk melicinkan cat sehingga mudah untuk proses penyablonan, Manuteks berfungsi untuk mengentalkan procion, soda kue, garam, Kaoprint berfungsi untuk campuran obat cabut warna, Waterglass untuk memperkuat warna dan sebagainya.
Source Pewarna Dalam Batik Sablon atau Printing Batik
Comments
Loading...