Pesta Batik di Fashion Nation 2015

0 4

Pesta Batik di Fashion Nation 2015

Gelaran Fashion Nation akan kembali digelar April mendatang. Kali ini, batik akan menjadi tema besarnya. Fashion Nation Ninth Edition yang akan digelar di Senayan City, dari 9 sampai 18 April 2015 ini akan menghadirkan sederet desainer papan atas Indonesia seperti Mel Ahyar, Stella Rissa, Tri Handoko, Didiet Maulana dan Iwet Ramadhan.

“Koleksi tahun ini kita lebih tonjolkan batik. Jadi setiap desainer harus menghadirkan koleksi khusus yang mengangkat batik dengan harga yang terjangkau,” kata Veri Y. Setiady, CEO Senayan City pada konferensi pers di Jakarta

Mel Ahyar menyiapkan sejumlah koleksi batik motif Belanda era 1840-an warna cokelat tanah yang dikemas dalam tema “Chinz”. Pada Opening Night, Mel akan berbagi panggung dengan desainer asal Thailand, Ek Thongprasert yang juga bermain dengan batik.

“Kalau koleksi ini lebih ke motif jadi aku nggak menggunakan kain batik tradisionalnya tapi lebih ke ceritanya,” kata Mel.

Sedangkan Stella Rissa, desainer yang baru pertama kali tampil di Fashion Nation akan menampilkan rancangan yang terinspirasi dari perjalanan hidupnya menjadi perempuan dewasa. “Tema yang akan saya angkat mengenai kedewasaan perempuan, Ini tentang perjalanan hidup saya dari remaja sampai sekarang. Saya akan membuat koleksi yang wearable dan nyaman,” ungkap Stella.

Sementara itu, Didi Budiardjo dan Patrick Owen akan berkolaborasi memamerkan sebuah instalasi seni. Didi akan menampilkan instalasi bertemakan “Sawunggaling” yang terinspirasi dari dua maestro batik Indonesia yakni KRT Hadjonagoro Go Tik Swan dan Iwan Tirta. Sedangkan Patric Owen akan menghadirkan “Pop Up Scarves Instalation”. Hasil dari penjualan scarve ini akan disumbangkan untuk kegiatan sosial.

Koleksi Didiet Maulana dan Iwet Ramadhan tampil eksklusif dalam kolaborasi khusus bertajuk Capsule Collection. Dalam kolaborasi antara Senayan City dengan A-list Fashion Desainer ini, Didiet akan menampilkan koleksi batik yang menonjolkan warna unik dengan model minimalis.

“Meski minimalis dan simpel tapi agak berbeda karena kita mengeksplor generasi sosial media. Salah satu bocoran warna yang akan ada di koleksi kita adalah masala, spesial untuk Fashion Nation,” katanya.

Sedangkan Iwet Ramadhan yang mengusung label Tik Prive akan menonjolkan kain batik asal Garut yang bermotif Kawung. Ini adalah salah satu motif tertua yang terdapat di relief candi Borobudur dan Prambanan.

“Intinya adalah kekosongan sebagai bentuk dari perjalanan yang sudah lengkap. Ini cerita yang sangat dalam. Koleksi dibuat sederhana, wearable dan sellable. Jadi sangat mudah dipakai dan dipadupadankan,” ujarnya.

Rangkaian acara Fashion Nation ini ditutup dengan pagelaran Runway Hits yang mengangkat tema “Celebrasian”, menampilkan karya-karya desainer Indonesia dan Asia seperti Tri Handoko (Indonesia), Stella Rissa (Indonesia), Q Design & Play (Thailand), dan Atsuki Takahashi (Jepang) pada 18 April mendatang. Rencananya penyanyi Shanti akan turut memeriahkan penutupan Fashion Nation.

Source http://pinkkorset.com/ http://pinkkorset.com/2015/pesta-batik-di-fashion-nation-2015/?ref=homepage
Comments
Loading...