Pesona Warna Alam Dalam Gelar Batik Nusantara 2017

0 24

Batik telah menjadi ikon Indonesia. Berbagai upaya untuk mempromosikan dan mengembangkan batik dan kerajinannya di dalam negri, telah semakin meningkat dan beragam. Salah satunya adalah penyelenggaraan Gelar Batik Nusantara (GBN) yang dilaksanakan sejak 1996 oleh yayasan Batik Indonesia. Setelah sukses menyelenggarakan pada tahun sebelumnya, Tahun 2017 Gelar Batik Nusantara kembali akan tampil untuk ke 10 kalinya.

Yayasan Batik Indonesia yang didirikan pada tanggal 28 Oktober 1994 adalah suatu Yayasan yang dibentuk sebagai lembaga nirlaba yang merupakan wujud dari persamaan kehendak para pecinta, pengrajin, pengrajin, pengusaha dan pemrihati batik serta dijiwai oleh semangat Sumpah Pemuda juga merupakan mitra kerja pemerintah dalam mengembangkan \, melestarikan dan membina pengusaha atau pengrajin batik nasional.

Acara yang diselenggarakan pada tanggal 7-11 Juni 2017 bertempat di Assembly Hall, Cendrawasih dan Main Lobby JCC dengan mengusung tema Pesona Batik Warna Alam. Tema tersebut memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi. Pewarnaan batik berawal dari keanekaragaman hayati dari kulit kayu, daun, buah, bunga berbagai tanaman.

Seiring waktu teknik pewarnaan alami telah tergeserkan dengan pewarnaan kimiawi. Melalui Gelar Batik Nusantara 2017, pengunjung dapat menggali kearifan leluhur, dan berperandalam pelestarian dan pengembangan batik Indonesia.

Source https://tabinaco.net https://tabinaco.net/pesona-warna-alam-dalam-gelar-batik-nusantara-2017
Comments
Loading...