Pesona Batik Warna Alam Jadi Tema GBN ke-10

0 102

Pesona Batik Warna Alam Jadi Tema GBN ke-10

Penyelenggaraan Gelar Batik Nusantara (GBN) yang dilaksanakan sejak tahun 1996 oleh Yayasan Batik Indonesia (YBI). Setelah sukses menyelenggarakan pada tahun-tahun sebelumnya, Tahun 2017 Gelar Batik Nusantara kembali akan ditampilkan untuk ke-10 Kalinya. Gelar Batik Nusantara 2017 akan mengusung tema “Pesona Batik Warna Alam” yang diselenggarakan pada tanggal 7 – 11 Juni 2017 di Assembly Hall, Cendrawasih dan Main Lobby Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. “Pesona Batik Warna Alam dijadikan tema karena sejarahnya. Pewarnaan batik berawal dari keanekaragaman hayati dari kulit kayu, daun, buah, bunga berbagai tanaman,” kata Jultin Ginandjar Kartasasmita, Ketua Umum YBI.

Dahulu masyarakat yang membuat batik belum mengenal pewarna batik kimia (indigosol dan napthol), untuk mendapatkan warna-warna yang mereka inginkan mereka harus mencari akal dengan memanfaatkan yang ada disekitarnya. Pelaku Warna Alam, Owner & Designer Galeri Batik Jawa, Nita Kenzo mengatakan seiring waktu teknik pewarnaan alami telah tergeserkan dengan pewarnaan kimiawi. Yayasan Batik Indonesia didirikan pada tanggal 28 oktober 1994 merupakan suatu Yayasan yang dibentuk sebagai lembaga nirlaba yang merupakan wujud dari persamaan kehendak para pecinta, pengrajin, pengusaha dan pemerhati batik serta dijiwai oleh semangat Sumpah Pemuda juga merupakan mitra kerja Pemerintah dalam mengembangkan, melestarikan dan membina pengusaha/pengrajin batik nasional.

Batik sudah menjadi ikon busana Indonesia, batik merupakan budaya bangsa Indonesia yang sudah diakui UNESCO pada tanggal 30 September 2009 sebagai salah satu warisan budaya benda bangsa Indonesia. Penggunaan batik berbahan serat dan pewarna alami, merupakan bukti perpaduan dan pemanfaatan keanekaragaman hayati yang akan berdampak pada pelestarian keanekaragaman hayati dan pendapatan ekonomi masyarakat.

Source Pesona Batik Warna Alam Jadi Tema GBN ke-10 Batik
Comments
Loading...