Pesona Batik Tutur Khas Kabupaten Blitar Jawa Timur

0 771

Batik Tutur (Batik Khas Blitar)

Di Kabupaten Blitar, sejak Tahun 1902 sebenarnya sudah berkembang, kreatifitas orang Jawa khususnya orang Blitar dalam hal seni sekalipun materi dan sarana pendukung kreatifitas sangatlah terbatas pada saat itu. Dalam konteks ini, seni membatik mendapat peluang yang cukup bagus pada masa itu. Orang-orang Belanda memperhatikan kalangan kelas ’ndoro’ Jawa dengan memberi keleluasaan berkreasi, dibantu dengan keberadaan para pedagang dari Cina yang menyediakan bahan membatik berupa naptol hingga pewarna (wenter) di toko-toko kelontong pecinan.

Informasi mengenai keberadaan batik dari Blitar ada di Museum Leiden – Belanda dengan nama Batik Afkomstig Uit Blitar Tahun 1902. Afkomstig Uit artinya batik kerajinan tangan rakyat dengan motif binatang dan tumbuhan sebagai simbol. Simbol-simbol yang menggambarkan sindiran bagi para peguasa dan ndoro bentukan penjajah Belanda pada saat itu. Namun ’batik kerajinan tangan rakyat di Blitar’ yang berkembang pada saat itu masih sebatas seperti cerita dalam Wayang Beber yang peruntukannya sebagai penghias dinding ruangan.
Batik sebagai salah satu unsur jati diri bangsa Indonesia yang harus kita jaga kelestarian dan keberadaannya, Dewan Kesenian Kabupaten Blitar berupaya menggali dan mengembangkan Afkomstig Uit sebagai cikal bakal batik khas daerah. Memerlukan waktu dan proses cukup panjang dalam penciptaan batik khas Kabupaten Blitar dengan dibidani putra-putra daerah ini. Sampai akhirnya lahirlah batik khas Kabupaten Blitar yang oleh Wima Brahmantya diberi nama Batik Tutur. Batik Tutur menggunakan gambar binatang dan tumbuh-tumbuhan sebagai unsur atau ornamen utama. Antar ornamen utama itu kemudian terhubung dengan unsur-unsur tertentu sehingga ada saling keterkaitan satu ornamen utama dengan yang lain dan membentuk sebuah alur cerita atau nasehat( Tutur).
Tutur atau nasehat yang tertuang dalam Batik Khas Blitar ini menjelaskan tentang kehidupan serta filosofi budaya Jawa dalam dunia lambang. Dari ide dasar itu kemudian dikembangkan oleh seniman batik Eddy Dewa dari Kecamatan Ponggok dibawah payung Dewan Kesenian Kabupaten Blitar, dieksplorasi sedemikian rupa sehingga sesuai dengan selera masa kini dengan kualitas yang baik.
Source Pesona Batik Tutur Khas Kabupaten Blitar Jawa Timur Inilah Blitar
Comments
Loading...