Pesona Batik Kudus di Tangan 11 Desainer

0 274

Pesona Batik Kudus di Tangan 11 Desainer

Banyak daerah punya kekhasan masing-masing yang tertuang dalam selembar kain batik. Salah satu yang memesona dan mulai kembali populer adalah batik dari Kudus. Upaya melestarikan batik, banyak pihak berkreasi dengan kain tradisional ini. Usaha dikerahkan untuk membuatnya lebih kekinian, menjadikannya pakaian yang tak melulu terkesan formal. Bertempat di Aston Hotel, Setiabudi, Jakarta, Fashion First menggelar peragaan busana bertajuk Kembang Kudus yang merupakan persembahan koleksi khusus hasil rancangan 11 desainer tanah air dengan menggunakan Batik Kudus.

Adapun ke 11 desainer tersebut adalah Barli Asmara, Amelia Kartikasari, Calla Atelier by Olivia Lazuardy dan Krishandi HArtanto, Cezsz Homme, Day and Night by Yelle, Deden Siswanto, Dua Tandamata by Astrid dan Dini, Natalia Kiantoro, no’om no’mi by Soetjipto Hoeijaja, Patrick Owen, dan Rinda Salmun.

Pergelaran tersebut diadakan dengan menggandeng Ciri Batik Kudus, yaitu yayasan yang didirikan oleh Ayu Rosan, Miranti Serad, Dara Riza, serta Santhi Serad. Para desainer merancang pakaian yang memadukan Batik Kudus dengan tampilan yang lebih modern. Natalia Kiantoro, misalnya, memadukan batik Kudus dalam kreasi kasual seperti atasan dengan bahu terbuka, luaran berdetail serat benang, dan rumbai. Barli Asmara merancang jaket bomber dengan parpaduan Motif Flora, sedangkan Soetjipto Hoeijaja membuat smock dress bermotif bunga. Desainer lain pun membawa rancangan Batik Kudus mulai dari kulot, blus, jumpsuit, hingga gaun.

Batik Kudus memiliki motif-motif dengan keindahan tersendiri. Kami terus melakukan pembinaan kepada generasi para pengrajin muda untuk terus mengembangkan teknik pewarnaan ala yang lebih ramah lingkungan dan motif yang yang modern sehingga kami menyambut baik kolaborasi dari Fashion First Jakarta dengan para desainernya.

Source Pesona Batik Kudus di Tangan 11 Desainer Batik
Comments
Loading...