Pesanan Batik Walang Menurun

0 212

Pesanan Batik Walang Menurun

Omzet penjualan terhadap Batik Walang mulai mengalami penurunan sebanyak 20 % selama beberapa bulan terakhir sejak berlangsungnya tahun ajaran baru. Trend negatif ini diprediksi akan terus berlangsung hingga penghujung tahun 2017 mendatang. Aris yang merupakan pemilik galeri batik walang di Pasar Besole Wonosari mengatakan, penurunan omzet biasanya erat hubungannya dengan belum mulai atau menurunnya pengadaan kain batik di sejumlah instansi. “Untuk penjualan ini lagi sepi karena lagi nunggu pengadaan semua instansi.Di sini kami hanya khusus galerinya saja, kalau untuk perajinan di Desa Tancep, Ngawen. Nanti saat ajaran baru biasanya kami punya produknya,” ujar Aris.

Meski demikian, ia optimis penjualan akan pulih kembali memasuki awal tahun. Kenaikan itu salah satunya disebabkan tingginya permintaan batik untuk kebutuhan seragam sekolah memasuki tahun ajaran baru atau pesanan pegawai instansi pemerintahan. Hak senada juga diakui Darudi (38), salah satu perajin batik walang warga Sumberan, Desa Tancep, Kecamatan Ngawen. Lelaki yang telah merintis usaha sejak 4 tahun lalu itu menuturkan, saat ini produksi batik walang sedang mengalami penurunan. Diutarakan, Batik Walang merupakan ciri khas batik Gunungkidul yang bercorak belalang. Tampilan dan warna yang disuguhkan sangat bervariasi.

Source http://gunungkidul.sorot.co/ http://gunungkidul.sorot.co/berita-92938-pesanan-batik-walang-menurun-naik-tunggu-ajaran-baru.html
Comments
Loading...