Pesanan Batik di Madiun Meningkat

0 106

Pesanan Batik di Madiun Meningkat

Pesanan akan batik tulis maupun batik cetak yang ada di Kota Madiun dalam waktu sebulan terakhir mengalami kenaikan yang cukup signifikan.”Tren peningkatan mulai dirasakan sejak pengakuan batik sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada awal Oktober lalu. Sejak itu, pemesanan batik di tempat saya bisa naik hingga hampir tiga kali lipat,” ujar perajin batik di Jalan Tuntang, Kelurahan Pandean, Kecamatan Taman, Siti Qomariah. Jika sebelumnya ia hanya membuat batik secara total untuk jenis batik tulis dan cetak sebanyak 125 potong.

Dengan meningkatnya pesanan batik hingga mencapai 400 potong kain batik atau sepanjang 1.000 meter dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Meski pesanan naik, namun Siti mengaku tidak menaikkan harga jual batiknya. Selama ini untuk batik cetak ia tetap mematok harga rata-rata Rp. 20.000 sampai Rp. 35.000. Sedangkan untuk batik tulis, satu kain batik di beri harga antara Rp. 75.000 hingga Rp. 650.000. Harga-harga yang ia patok ini bergantung dari jenis kain dan tingkat kesulitan membuat motif batik tulis tersebut.

Batik andalan khas Madiun adalah Batik Retno Kumolo. Motif yang menonjol dari batik Retno Kumolo adalah tombak milik Retno Dumilah, Keris Tundung Madiun milik Retno Dumilah, bunga melati, matahari, dan selendang. Batik khas Madiun pertama kali dicetuskan pada 2002. Dalam kurun waktu selama enam tahun, keberadaan batik di Kota Madiun tidak menunjukkan perkembangan yang cukup berarti.

Pemasarannya juga masih sebatas dari mulut ke mulut. Namun, setelah ada pengakuan UNESCO, rumahnya mulai ramai dikunjungi orang untuk belajar tentang batik, ataupun hanya ingin melihat-lihat batik saja. Pihaknya berharap, setelah ada penetapan batik dari dunia internasional, pemerintah baik pusat hingga daerah mulai memperhatikan nasib para pembatik di wilayahnya masing-masing. Siti yakin, setiap wilayah di Indonesia pasti memiliki ciri khas pakaian tersendiri termasuk motif pada kain batik.Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada Pemerintah Kota Madiun untuk membantu proses mematenkan corak batik khas Kota Madiun guna menghindari klaim dari pihak lain.

Source https://gayahidup.inilah.com/ http://gayahidup.inilah.com/read/detail/172580/pesanan-batik-di-madiun-meningkat
Comments
Loading...