infobatik.id

Persembahan Batik Untuk Peradaban Bangsa di UNESCO

0 17

Persembahan Batik Untuk Peradaban Bangsa di UNESCO

UNESCO telah menetapkan batik sebagai Respresentative List of The Intangible Cultural Heritage of Humanity tentang warisan budaya tak benda di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009. Sejak saat itu, tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai hari batik nasional. Batik sendiri adalah telah menjadi kain peradaban yang memiliki nilai historis. Sehingga sudah selayaknya batik menjadi salah satu identitas andalan Indonesia di kancah dunia.

Oscar Lawalata merupakan salah satu desainer yang memiliki keseriusan dalam batik untuk menggelar pameran batik. Dalam acara Batik for The World yang akan berlangsung di UNESCO House, Paris, Prancis pada 6 hingga 12 Juni 2018. Inisiatif kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan kembali kekayaan, perkembangan, dan sejarah Batik Indonesia dengan menghubungkannya pada pengrajin batik dan seni fashion masa kini.

Batik sudah menjadi sesuatu yang cukup populer. UNESCO sendiri sudah menetapkan batik sebagai warisan tak benda. Kebanggaan ini jangan hanya ada di Indonesia saja. Dunia harus tahu apa yang terjadi di Indonesia. Oscar Lawalata menggandeng beragam pihak dari pemerintah maupun swasta demi berlangsung acara ini.

Selama dua tahun, Oscar Lawalata menggodok konsep kegiatan pameran ini. Hingga akhirnya Oscar bersama Delegasi Tetap Republik Indonesia untuk UNESCO mendapat dukungan dari Bakti Budaya Djarum Foundation, Rumah Kreatif BUMN, dan Bank Mandiri. Menggelar Batik For The World. Oscar juga melibatkan dua desainer Indonesia ternama, yakni Edward Hutabarat dan Denny Wirawan untuk membawa batik ini ke dunia internasional.

Pemberdayaan batik ini tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri karena hasilnya tidak akan maksimal. Jika kita berkolaborasi bersama-sama, maka gaun batik akan lebih terdengar baik di Indonesia maupun internasional. Bagi Bakti Budaya Djarum Foundation, kegiatan ini menjadi momentum memperkenalkan seutuhnya batik sebagai sebuah produk artisan kebanggaan bangsa Indonesia pada delegasi dunia di UNESCO.

Source https://www.liputan6.com/ https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3513959/batik-dipersembahkan-jadi-peradaban-bangsa-di-unesco
Comments
Loading...