Perpaduan Makna Batik Gringsing Pada Tari Simo

0 51

Tari Simo dan Batik Gringsing Angkat Budaya Lokal Kabupaten Batang

Sebuah seni budaya menunjukkan akan sejarah pada salah satu daerah terutama pada masa kejayaanya. Untuk kembali menghidupkan budaya tersebut banyak yang harus dilakukan pengkajian dan penggalian kembali kearifan lokal tersebut agar tidak punah.

Di Kabupaten Batang di wilayah Kecamatan Gringsing salah satunya yang memiliki potensi kearifan lokal seni budaya berupa tari Simo Gringsing dan Batik Gringsing. Kabupaten Batang memiliki banyak sanggar tari yang tersebar diberbagai tempat.

Batik Gringsing memiliki filosofi yaitu keseimbangan, kemakumuran dan kesuburan. Warna yang digunakan pada batik gringsing sangat beragam, ada yang berwarna gelap, sedang atau warna yang muda. Ada yang hanya terdiri dari warna cokal dan hitam saja, dan ada juga yang terdiri dari beberapa warna. Sebagai batik kuno, batik gringsing menggunakan warna alam. Pewarnaan alam tertua adalah Indigo (biru) dan Kesumba (merah). Dalam proses pewarnaannya, pewarna alam itu diikat melalui proses fiksasi agar tidak luntur. Cara fiksasinya menggunakan tawas, air kapur, atau batu ijo. Dimana, dipadukan dengan Tari Simo tersebut agar menganduk unsur dan filosofi makna yang mendalam.

Source http://jatengpos.co.id/ http://jatengpos.co.id/tari-simo-dan-batik-gringsing-angkat-budaya-lokal-kabupaten-batang/
Comments
Loading...