Perpaduan Batik dan Kopi di Desa Losari Magelang

0 177

Perpaduan Batik dan Kopi di Desa Losari Magelang

Desa Losari memang sangat terkenal dengan perkebunan kopinya yang terhampar luas, hal inilah awal mula yang terciptanya Batik bermotif Kopi khas Losari. Berawal dari tahun 2008 di mana ada pelatihan membatik tulis yang diberikan Pemerintah Desa Losari kepada masyarakat sekitar, khususnya untuk para ibu rumah tangga. Usai pelatihan tersebut, masyarakat Losari sudah bisa membuat batik sendiri di rumahnya masing-masing dengan berbagai motif. Namun warga pun sudah memiliki motif yang khas dan menjadi identitas Losari yakni Motif Batik Kopi Pecah.

Keunikan dari Motif Batik Losari ini berbentuk daun dari tumbuhan kopi, bunga hingga buah kopi. Warna dari motif batik ini mirip dengan batik pesisir yang memiliki warna cerah seperti hijau, biru, ungu, coklat dan warna-warna lainnya.

Salah satu, tempat produksi Batik Motif Kopi Pecah khas Losari ini terdapat di Sanggar Batik Eyang Mas Ayu. Setiap harinya puluhan warga Desa Losari, membatik ditempat tersebut untuk memproduksi batik. Warga pun membuat batik dengan cara tulis dan cetak.

Biasanya Batik Kopi Pecah ini dijual dengan harga IDR 250 ribu sampai IDR 500 ribu untuk batik tulis ukuran 2,5 m. Sementara untuk batik cetak harganya lebih murah dari IDR 100 ribu hingga IDR 150 ribu dengan ukuran yang sama.

Sayangnya batik ini belum bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko atau pasar pakaian yang ada di Kota Magelang. Hal ini dikarenakan jumlah produksinya belum terlalu banyak dibandingkan jenis batik lainnya. Bila ingin memiliki Motif Batik Kopi Pecah bisa langsung datang ke Desa Losari Kabupaten Magelang dan menuju Balai Desa Losari atau bisa datang ke Sanggar Batik Eyang Mas Ayu untuk mendapatkan Motif Batik ini. Motif Batik ini sangat unik dan berbeda dengan batik yang lain.

Source Perpaduan Batik dan Kopi di Desa Losari Magelang Batik
Comments
Loading...