Permintaan Batik Papua Meningkat

0 181

Permintaan Batik Papua Meningkat

Permintaan batik dengan motif khas Papua sejak awal Desember 2011 di penjahit serta penjual di kabupaten Biak Numfor mengalami peningkatan, menjelang perayaan hari raya Natal 25 Desember. Airuddin merupakan salah seorang penjahit di Biak mengatakan peningkatan permintaan batik motif Papua yang bergambar burung Cenderawasih, Tifa hingga lukisan yang bernuansa budaya Papua akan kian meningkat mendekati hari raya Natal.

Pemesanan kain batik khas Papua akan dilayani selama persediaan masih ada, ya ada masyarakat yang membawa bahan batik untuk dijahit. Ia mengatakan, jangka waktu pembuatan untuk pakaian batik khas Papua paling lama satu pekan sejak bahan kain batik diterima. Saat menyinggung ongkos jahitan batik, Airuddin mengatakan, untuk biaya jasa yang diminta sangat bervariasi tergantung atas jenis bahan maupun mode yang diminta pemesan.

Harga jasa upah jahit pakaian batik biasa berkisar Rp150 ribu hingga Rp200 ribu disesuaikan dengan jenis bahan kain yang dipilih. Pemesanan untuk menjahit pakaian hingga saat ini masih dapat dilayani, ya paling lambat H-7 sebelum Natal bahannya sudah selesai dijahit.

Sementara itu, beberapa toko dan swalayan yang menjual pakaian di kota Biak menjelang Natal dan tahun baru 1 Januari 2012 memberikan diskon sebesar 10 hingga 30 persen untuk berbagai jenis pakaian. Motif batik Papua memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta batik karena dengan perpaduan warna yang digunakan cerah sehingga cocok untuk dijadikan pakaian saat hari raya seperti Natal.

Source Permintaan Batik Motif Papua Meningkat Batik
Comments
Loading...