Peralatan Batik Cap

0 1.228

Alat Batik Cap

Batik tidak lepas dengan perkembangan daya piker manusia dan juga teknologi. Dalam pembuatannya mulai mengenai nilai ekonomis yakni dengan munculnya teknik pembuatan menggunakan cap. Pada dasarnya alat dan bahan dalam pembuatan batik cap dan batik tulis sama, hanya terdapat perbedaannya pada alat cantingnya dan wajan.

Canting

Dalam pembuatan batik cap alat cantingnya digunakan mirip dengan stempel, tetapi batik tulis alat cantingnya bekerja dengan cara mencelupkan canting kedalam cairan lilin panas dan ditorehkan kedalam kain.

Wajan dan Kompor

Wajan yang digunakan pada batik cap mempunyai bentuk pipih dan datar, tidak seperti wajan pada batik tulis yang mempunyai bentuk cekung dan bundar.Kompor

Kompor termasuk alat utama dalam proses membatik dengan canting cap maupun tulis. Kompor berfungsi untuk mencairkan atau melelehkan lilin (malam). Selanjutnya pada wajan yang digunakan untuk membatik cap diletakkan kain goni di atas permukaannya, tujuannya agar cairan lilin malam dapat menempel secara merata pada penampang canting cap.

Meja Cap

Meja cap yang digunakan dalam membuat batik cap terbuat dari kayu, yang pada bagian permukaan meja. Dilapisi dengan busa (spoon) yang sudah dilapisi dengan plastik perlak untuk mengoptimalkan hasil cap-capan dan sekaligus menghindari agar malam tidak lengket pada meja maka busa (spoon) harus dalam keadaan basah.

Alat-alat pembantu lainnya, misal: gunting, waskom atau leregan, alat kemplong, sarung tangan karet dan celemek.

Source perlengkapan Batik Cap Batik Cap
Comments
Loading...