Perkenalkan Batik Probolinggo Melalui Lomba Ratu Luwes

0 29

Perkenalkan Batik Probolinggo Melalui Lomba Ratu Luwes

Dalam rangka hari jadi Kabupaten Probolinggo ke-270, sekaligus untuk memperingati hari Kartini 21 April 2016, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Probolinggo menggelar Lomba Ratu Luwes di Pendopo Kabupaten
 
 “Dalam lomba Ratu Luwes kali ini kami sengaja mengambil tema Menggali Potensi Batik Probolinggo dengan maksud  untuk mengangkat batik khas Kabupaten Probolinggo. Semua peserta lomba diwajibkan memakai batik khas Kabupaten Probolinggo,” jelas Yuni Nawi, Ketua Panitia Pelaksana Lomba Ratu Luwes.
Menurutnya, semua batik yang digunakan para peserta lomba berasal dari pengrajin batik yang ada di 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Batik yang dikenakan harus memiliki arti serta makna yang mendalam.
“Melalui lomba Ratu Luwes ini, diharapkan para wanita terutama ibu-ibu dapat lebih luwes lagi dalam mengurus keluarga, mendampingi suami dan mendidik anak-anak mereka,” ucapnya.
Disebutkan, total peserta lomba Ratu Luwes berjumlah 70 orang yang berasal dari ibu-ibu Dharma Wanita dan PKK. “Untuk juri kami ambil dari Kota Probolinggo dan penilaian berdasarkan keserasian, kesesuaian dan kerapian peserta,” terangnya.
Sementara itu, keluar sebagai juara pertama Ratu Luwes yaitu Yunita Nur Laili yang mewakili Dinas PU Cipta Karya. Ia menggunakan pakaian batik khas Kabupaten Probilinggo Mangga Madu buatan pengrajin Batik Satimin.

Menurut Yunita, dengan adanya lomba Ratu Luwes ini bisa menjadi ajang promosi bagi para pengrajin batik agar karyanya bisa lebih dikenal masyarakat, dan menjadi peluang besar bagi pengrajin batik untuk terus menciptakan  motif  yang  lebih  bervariasi lagi.

“Motif batik probolinggo sekarang sudah lebih bervariasi, tidak hanya motif gunung Bromo dan Mangga Anggur saja tetapi juga ada motif Kobis, Sarang lebah, Komak, Kelor, Legundi, Sumber, Matahari dan berbagai motif lainnya,”pungkasnya.
Source https://www.cendananews.com https://www.cendananews.com/2016/04/perkenalkan-batik-probolinggo-melalui-lomba-ratu-luwes.html
Comments
Loading...