Perkembangan Warna-Warna Batik Mantyasih

0 179

Perkembangan Warna-warna Batik Mantyasih

Warna-warna pada Batik Mantyasih yang 72 dikembangakan oleh para pengrajin di Kota Magelang terjadi atas permintaan pasar, namun tidak memiliki makna yang khusus pada setiap pemilihan warnanya karena makna warna batik Mantyasih hanya ada pada warna asli yang digunakan pada Batik Mantyasih. Perkembangan warna-warna Batik Mantyasih dapat dilihat sebagai berikut:

  • Batik Mantyasih Magelang dengan Pewarnaan Ungu Tua dan Ungu Muda

Batik Mantyasih mengalami perkembangan warna dengan menggunakan perpaduan warna ungu muda dan warna ungu tua untuk membedakan daerah yang gelap dan terang. Warna ungu tua diberikan untuk bagian bidang motif lumpang batu daerah sebelah kiri atas, bidang tengah lumpang batu, bidang tengah lumpang batu, dan bidang sebelah kiri lumpang batu. Pewarnaan ungu muda dilakukan pada bidang gambar motif lumpang batu bagian kanan atas,kiri tengah, dan bagian bawah bidang motif lumpang batu, serta terdapat pada motif bunga mawar. Pewarnaan 73 ungu tua dan ungu muda dilakukan dengan cara berselang-seling pada bunga rumput liar dan rumput liar pada setiap bunga atau daunnya.

  • Batik Mantyasih Magelang dengan Pewarnaan Biru Batik Mantyasih

Perkembangan warna dengan menggunakan pewarnaan warna biru. Warna biru yang sedikit lebih tua diberikan pada motif utama lumpang batu, sementara itu motif pelengkap dan latar belakan kain diberika warna biru yang tingkatnya berbeda sedikit lebih muda dari pada warna biru yang sebelumnya.

 

 

 

 

  • Batik Mantyasih Magelang dengan Pewarnaan Hijau dan Biru Batik Mantyasih

Perkembangan warna dengan menggunakan perpaduan warna hijau dan biru. Warna biru diberikan pada pada motif utama lumpang dan motif pelengkap rumput liar dan bunga rumput liar. Warna hijau diberikan pada lubang tengah lumpang batu beserta motif bunga mawar yang ada didalamnya. Warna hijau juga diberikan pada bagian lumpang batu sebelah kiri yang dekat pada lubang tengah lumpang batu, serta diberikan untuk latar belakang kain batik Mantyasih.

  • Batik Mantyasih Magelang dengan Pewarnaan Jingga atau Oranye Batik Mantyasih

Perkembangan warna dengan menggunakan pewarnaan warna jingga atau oranye yang dilakukan di seluruh bidang kain batik Mantyasih.

 

 

 

 

 

 

  • Batik Mantyasih Magelang dengan Pewarnaan Merah dan Merah Muda

Perkembangan warna dengan menggunakan perpaduan warna merah dan merah muda. Warna merah muda hanya diberikan pada motif utama lumpang batu yang digambarkan dengan bunga rumput liar dan dua jenis rumput yang tumbuh di sebelah atas motif lumpang, selebihnya diberikan warna merah untuk latar belakang kain dan motif-motif yang tersisa.

 

 

 

 

  • Batik Mantyasih Magelang dengan Pewarnaan Violet dan Biru Muda Batik Mantyasih

Perkembangan warna dengan menggunakan perpaduan warna violet dan biru. Warna biru muda hanya diberikan pada motif utama lumpang batu yang digambarkan dengan bunga rumput liar dan dua jenis rumput yang tumbuh di sebelah atas motif lumpang, selebihnya diberikan warna violet untuk latar belakang kain dan motif-motif yang tersisa.

Source Perkembangan Warna-warna Batik Mantyasih Batik
Comments
Loading...