infobatik.id

Perkembangan Teknik Membatik

0 25

Perkembangan Teknik Membatik

Teknik membatik mulai perkembangan. Pada zaman dahulu teknik batik perintangan dengan malam dilakukan menggunakan berbagai macam canting. Dalam perkembangannya, tidak hanya canting saja yang digunakan. Tetapi juga bisa menggunakan kuas. Selanjutnya, pewarnaannya tidak lagi hanya celup tetapi bisa dengan menggunakan air-brush atau dengan teknik colet. Pengembangan teknik yang tanpa batas ini akhirnya mampu mengembangkan berbagai efek dan tekstur dalam motif batik masa kini.

Penggunaan batik sebagai busana pun berkembang. Busana yang tadinya menjadi kebutuhan sekunder, saat ini mengalami pergeseran menjadi kebutuhan tersier. Pergeseran ini terjadi karena busana mampu menjadi cerminan kepribadian dan citra diri pemakainya. Melalui busana, orang dapat menunjukkan jati dirinya, baik sifat dasar, status sosial, kemampuan ekonomi, dan lingkungan keberadaan.

Desain busana batik saat ini sangat beragam. Hal ini sangat berbeda dengan masa lalu, di mana batik dalam busana hanya digunakan sebagai rok panjang dengan wiron. Sekarang busana batik bisa dirancang sedemikian rupa sehingga batik mampu eksis dalam segala suasana. Batik dapat dijadikan pilihan sebagai media untuk mengekspresikan diri dan sarana untuk berbusana. Dalam hal ini batik dapat dikreasikan untuk dipakai sebagai busana dengan teknik lilit tanpa memotong lembaran kainnya.

Source https://zetiraidpersonalcare.wordpress.com/ https://zetiraidpersonalcare.wordpress.com/2017/03/31/perkembangan-batik-masa-kini/
Comments
Loading...