Perkembangan Motif Mega Mendung di Toko Hafiyan Batik

0 26

Perkembangan Motif Mega Mendung di Toko Hafiyan Batik

Motif Mega Mendung klasik koleksi Hafiyan Batik ini masih tersimpan di toko Hafiyan Batik sejak toko ini berdiri pada tahun 2004 hingga saat ini. Pada motif Mega Mendung klasik tidak terdapat kombinasi motif. Motif Mega Mendung klasik banyak mendapat pengaruh dari kebudayaan Cina. Motif Mega Mendung memiliki 7-9 gradasi warna biru pada motif dan latar kain berwarna merah, mengandung makna atau nilai historis tersendiri.

Motif Mega Mendung klasik terdapat ornamen utama yaitu motif Mega Mendung , tidak terdapat hiasan pelengkap atau kombinasi motif, dan tidak ada isen-isen yang menjadi hiasan pada motif. Motifnya lebih mendominasi pada semua bagian kain seperti awan yang bergumpal. Proses pembuatanya dikerjakan oleh perajin dari Trusmi, menggunakan teknik batik tulis dan bahan katun.

Motif Mega Mendung ini biasanya diterapkan pada mukenah, sandal, bahan sandang, tas, dan sebagainya. Dalam membuat desain motif Mega Mendung biasanya mendapat ide atau inspirasi dari bakat alam yang kita miliki, karena ide tidak bisa dipelajari. Berbeda dengan membuat batik yang bisa dipelajari oleh siapa pun, seperti di Trusmi ini hampir semua warganya sebagai pengrajin batik.

Source http://eprints.uny.ac.id/27625/1/Prasetyaningtyas%2C%2007207241013.pdf
Comments
Loading...