Perkembangan Motif Batik

0 402

Perkembangan Motif Batik

Batik Tradisional merupakan batik yang dibuat pada zaman dahulu dan memiliki motif yang sangat khas. Keindahan motif batik ini banyak yang bertahan hingga saat ini dan menjadi motif yang abadi. Motif Batik Tradisional tersebut dibuat dengan makna yang khusus dan juga memiliki arti dalam setiap coretan motif batik nya. Motif Batik dibuat dengan bentuk dan juga pola tradisional ini pada umumnya memiliki nilai seni yang sangat tinggi karena dibuat dengan curahan jiwa dan konsentrasi yang sangat tinggi dari para seniman batik di masa lampau.

Keindahan yang terletak pada Batik Tradisional sampai sekarang masih banyak yang menikmati dan juga masih bertahan sebagai Motif Batik yang banyak disukai oleh masyarakat luas. Keindahan Motif Batik Tradisional ini harus kita jaga bentuk dan motifnya agar tetap terjaga dan tetap lestari. Motif Batik Tradisional ini harus dihormati dan juga dijaga dalam pemakaian motif batik ini ketika digabungkan dengan motif batik lainnya.

Perkembangan Motif Batik pada zaman saat ini membuat banyak seniman batik dalam membuat Motif Batik menggabungkan satu atau dua motif batik dalam sebuah permukaan kain. Menggabungkan motif batik ini harus dilakukan dengan cara seksama karena motif batik tradisional pada umumnya memiliki makna yang khusus sehingga jika digabungkan dengan motif lain yang memiliki makna yang bertentangan akan merusak tatanan dari motif batik tersebut. Saat ini menggabungkan motif batik menjadi sangat umum dalam industri batik. Satu hal yang perlu diingat bahwa Motif Batik Tradisional memiliki aturan tertentu dalam motif batik nya dan hal itu perlu dihormati.

Para seniman batik saat ini harus mengerti makna dari Motif Batik Tradisional tersebut sehingga tidak salah dalam menerapkan motif batik tersebut dan tetap menjaga makna dari motif batik tersebut dan tidak hanya mementingkan sisi keindahan motif batik yang digabungkan tersebut. Saat ini telah berkembang banyak dari seniman ini mencari ide baru untuk motif batik dengan menggabungkan beberapa motif batik batik tradisional. Menggabungkan beberapa motif batik ini menjadikan sebuah motif batik yang baru yang banyak disukai oleh para remaja dan juga masyarakat luas.

Source Perkembangan Motif Batik Batik
Comments
Loading...