Perkembangan Motif Batik Jetis Sidoarjo pada Tahun 1990

0 156

Perkembangan Motif Batik Jetis Sidoarjo pada Tahun 1990

Awalnya sumber penciptaan Motif Batik Sidoarjo didapatkan dari alam sekitar mulai dari tumbuhan, hewan maupun benda. Sekarang motif-motif batik mulai berkembang dengan seiringnya berkembangnya zaman. Pada tahun 1990an pengrajin batik membuat benda-benda yang mudah dipakai, dalam penciptaan motif pembatik tidak mempersoalkan masalah yang berkaitan dengan hal yang bersifat magis. Penciptaan batik masa kini lebih menekankan pada hasil karya visual. Penciptaan motif batik lebih ditujukan kepada keindahan bentuk baku yang diarahkan pada pemenuhan selera pemakai (konsumen) yang berorientasi pada peningkatan produksi batik. Pada tahun 1990an motif batik yang beragam mulai bermunculan, itu dikarenakan karakteristik masyarakat Sidoarjo yang umumnya terbuka terhadap pengaruh luar, dan juga letak Sidoarjo yang strategis sehingga menjadi lalu lintas perdagangan.

Motif  yang ada pada tahun 1990an adalah Motif Burung Cipret, Gedog, Tumpal, Kangkung, Mahkota, Sekarjagad, Sandang Pangan, Burung Nuri, Fajar Menyingsing, Merak, Merico Bolong, dan Rawan. Motif yang paling populer pada tahun 1990an adalah Motif Sekar Jagad yang mempunyai warna yang indah dan makna filosafis yang dalam. Motif Sekar (bunga) Jagad (dunia) mengandung makna kecantikan dan keindahan sehingga orang lain yang melihat akan terpesona. Motif “Sekar Jagad” (pola geometris berbentuk ceplok (hiasan bulat) berulang yang semuanya saling merapat) yang banyak berornamen bunga atau tanaman, mencerminkan keragaman isi dunia yang diciptakan-Nya, (terwujud dalam bentuk keragaman floral dan atau fauna).

Terdapat unsur pesan keragaman, keindahan, kedamaian. Jadi manusia mesti pandai bersyukur. Sementara pola ceplok berulang-merapat yang isennya tak ada unsur bunga atau tanaman (“Kar Jagad”), atau hanya ber-isen geometrik simbolik, mencerminkan keragaman pandangan di dunia. Jadi manusia mesti siap dan pandai menempatkan diri dalam berbagai pandangan atau perbedaan. Pola sekar jagad ini mengandung serangkaian ajaran yang diharapkan dapat membawa keselarasan dan keserasian di seluruh alam semesta.

Source Perkembangan Motif Batik Jetis Sidoarjo pada Tahun 1990 Batik
Comments
Loading...