Perkembangan Industri Batik Nakula Sadewa

0 37

Perkembangan Industri Batik Nakula Sadewa

Perkembangan Industri batik Nakula Sadewa ini hanya melayani sekitar delapan galeri yang ada di Yogyakarta maupun di luar Yogyakarta. Pada saat itu jumlah karyawan yang ada kurang lebih 23 orang. Seiring perkembangannya Industri Batik Nakula Sadewa telah melayani banyak galeri di Yogyakarta dan bahkan telah mampu menembus pasar internasional serta telah memiliki karyawan kurang lebih 90 orang. Pada awal tahun 2001 industri batik nakula sadewa menjadi industri binaan PT (Persero) Angkasa Pura I yaitu BUMN yang bertugas membawahi perusahaan kecil atau besar dan pada tahun 2002 berganti nama menjadi Industri Batik Sleman Nakula Sadewa.

Melalui Industri Batik Sleman Nakula Sadewa, Bambang dapat mewujudkan impian ibunya pada tahun 2001. Pada tahun tersebut Batik Sleman diberi kesempatan berpameran ke luar negeri dengan tujuan memperkenalkan kebudayaan Indonesia ke dunia Internasional. Bambang mempromosikan Batik Sleman pertama kalinya ke negara Saudi Arabia kemudian tahun berikutnya dapat berpameran di Jerman dan disusul keberbagai negara antara lain negara Kanada, Malaysia, Jepang, Hongkong, Australia, Perancis, Rusia, Cuba, Brazil, Suriname dan Yaman.

Pada tahun 2009, Industri Batik Sleman Nakula Sadewa dipercaya oleh Duta Besar Indonesia untuk Cuba mengikuti Festifal Budaya yang diadakan oleh UNESCO dan di ikuti 5 benua (25 Negara). Dalam festival tersebut Industri Batik Sleman Nakula Sadewa mendapatkan penghargaan piala juara umum dan membanggakan negara Indonesia. Bambang secara pribadi juga memiliki cita-cita atau yang sering disebutnya sebagai impian yaitu mewujudkan Batik Nusantara. Batik Nusantara yang dimaksud adalah dimana setiap daerah-daerah atau kota-kota di Indonesia mempunyai ragam budaya atau ornamen daerah yang dapat diangkat sebagai motif-motif dalam batik di setiap daerah-daerah tersebut untuk menjadi kesatuan dalam Batik Nusantara.

Source http://eprints.uny.ac.id/38067/1/Krisna%20Kurniawan_07206244003.pdf
Comments
Loading...