Perkembangan Desain Batik

0 180

Perkembangan Desain Batik

Tingginya minat masyarakat terhadap batik, membuat para pengusaha memikirkan berbagai macam cara untuk dapat lebih menarik para masyarakat yang berminat dengan batik. Hal ini membuat batik yang zaman dahulu memiliki desain yang monoton telah berubah menjadi busana yang sangat modern dan memiliki model baju yang trendy. Peningkatan minat terhadap batik ini tidak lepas juga dari bertambahnya pengetahuan masyarakat luas mengenai kesenian khas masyarakat jawa ini. Berbagai jenis baju batik dengan bahan batik tulis telah banyak diminati oleh penduduk di berbagai daerah dan memiliki pasar tersendiri karena harganya yang memang relatif lebih mahal.

Sekarang ini batik memang dibuat dengan berbagai macam cara ada yang ditulis, ada yang dicap dan juga ada yang diproduksi oleh pabrik yang dikenal dengan sebutan kain dengan motif batik atau kain batik printing. Proses pembuatan yang berbeda ini juga menghasilkan kain batik dengan kualitas yang berbeda pula, yang secara otomatis akan memiliki pengaruh dengan harga dari kain batik tersebut. Kain batik yang paling mahal adalah kain batik tulis dan yang paling murah adalah batik printing. Memang saat ini yang paling banyak ditemui di toko batik di seluruh Indonesia adalah kain dengan motif batik ini. Hal ini sangat wajar karena kain dengan jenis ini biaya produksinya lebih murah dan selalu dibuat dalam jumlah yang sangat banyak.

Hal ini berbeda jauh dengan batik tulis yang dalam dibuat dalam jumlah yang sangat terbatas dan memiliki biaya produksi yang lebih tinggi serta membutuhkan proses yang lebih lama. Namun dari segi kualitas dan juga dari segi seni, tentu saja kain batik tulis ini memiliki nilai yang jauh lebih besar dibanding dengan kain motif batik. Sebagai pengguna batik tinggal memilih mana yang pas dengan kantong kita, namun sebagai penduduk Indonesia tidak ada salahnya harus berusaha untuk memiliki paling tidak satu buah baju batik tulis sebagai pertanda rasa cinta kita terhadap kesenian asli bangsa Indonesia ini.

Source Perkembangan Desain Batik Batik
Comments
Loading...