infobatik.id

Perkembangan Batik Tulungagung

0 57

Perkembangan Batik Tulungagung

Batik terbuat dari kain dengan teknik yang tradisonal. Pembuatan pola yang masih sederhana dan penggunaan pewarna alami pada awalnya seperti menggunakan getah pohon kulit, kayu, daun, dan masih banyak lagi yang lainya. Persebaran batik sudah hampir disetiap daerah di Indonesia mempunyai batik. Karena persebaran batik yang universal di setiap daerah, semua batik mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri mengikuti daerahnya. Seperti Batik yang ada di kabupaten Tulungagung yang sudah memiliki kerajinan batik dengan corak khasnya.

Perkembangan Batik Tulungagung terus signifikan pada saat kebijakan salah satu Bupati Tulungagung untuk memajukan industri ini. Dari tangan beliau dibentuklah peraturan daerah yang mewajibkan seluruh instansi menggunakan Batik Tulungagung sebagai salah satu baju dinas. Tak hanya itu untuk menjadi pakaian dinas, Batik Tulungagung juga diwajibkan untuk menjadi salah satu seragam sekolah. Untuk mengenalkan kepada generasi muda betapa kayanya Tulungagung akan karya seni batik ini.

Upaya pemerintah daerah yang gencar mengkampanyekan Batik menjadi gaya hidup sehari-hari membuahkan hasil. Banyak event organizer yang mengadakan lomba desain batik dan fashion show batik Tulungagung untuk menyari generasi yang berbakat guna menyongsong kemajuan Batik Tulungagung ini. Perubahan pola pikir masyarakat yang dulunya hanya memakai batik ketika ada acara penting, sekarang hampir setiap hari dalam keadaan apapun batik menjadi solusi utama dalam masyarakat.

Source Perkembangan Batik Tulungagung Batik
Comments
Loading...