Perkembangan Batik Tulis Dusun Pajimatan

0 109

Perkembangan Batik Tulis Dusun Pajimatan

Perkembangan batik tulis Dusun Pajimatan dapat diamati dari beberapa jenis produk yang dibuat terdapat perkembangan dari bentuk-bentuk tradisional menjadi bentuk-bentuk yang lebih variatif dan inovatif. Misalnya pada jenis produk kain panjang, pada perkembangannya menjadi pakaian yang bisa dipakai kapan saja dan oleh siapa saja. Dari analisa tersebut maka perkembangan batik tulis dusun Pajimatan mengalami perkembangan dari bentuk tradisional kearah yang sekarang untuk keperluan yang berorientasi kepada fungsi yang bervariasi.

Hasil kerajinan batik tulis ini dari tahun ke tahun mengalami peningkatan atau perkembangan. Meskipun perkembangan tersebut merupakan pengembangan dari bentuk produk kerajinan terdahulu melalui pengembangan bentuk-bentuk baru, namun tetap mendapatkan tempat dalam pemasarannya. Seiring dengan perkembangan motifnya, warna batik tulis dusun Pajimatan juga semakin bervariasi sesuai dengan permintaan pasar. Perkembangan produk batik tulis dusun Pajimatan juga mengikuti perkembangan zaman dan kebudayaan masyarakat yang membuatnya. Secara pemasarannya batik tulis ini sudah menembus pasar internasional.

Gejala-gejala perkembangan batik tulis dusun Pajimatan dilihat dari segi ide penciptaan, kualitas teknik, dan penampilan produk batik tulis dusun Pajimatan. Perkembangan batik sebagai busana atau kostum dan aksesoris pada masa sekarang memang memperlihatkan peningkatan. Akibat proses globalisasi, perajin batik dusun Pajimatan tidak lagi terpaku pada inspirasi motif tradisional dan warna tradisional semata, namun juga dipengaruhi secara kuat oleh selera pasar dan trend tekstil saat ini.

Source http://eprints.uny.ac.id/27622/1/Nita%20Wulandari%2C%2007207241009.pdf
Comments
Loading...