Perkembangan Batik Tasikmalaya

0 282

Perkembangan Batik Tasikmalaya

Batik Tasik merupakan salah satu komoditas kerajinan unggulan industri kecil menengah di Kota Tasikmalaya selain bordir, kerajinan anyaman mendong, kerajinan anyaman bambu, kelom geulis, kayu olahan, payung geulis dan makanan olahan. Pada masa kejayaannya terdapat ratusan unit usaha Batik Tasik yang tersebar di beberapa wilayah seperti Panglayungan, Gudang Jero, Bojong, Burujul, Sawah Lempay dan Buninagara yang mampu menyerap ribuan tenaga kerja serta membuat Kota Tasikmalaya dijuluki sebagai pusat industri batik di selatan Jawa Barat. Industri kecil Batik Tasik kemudian memasuki masa kemunduran akibat adanya batik printing dan jatuhnya Koperasi Mitra Batik yang menjadi induk industri kecil menengah Batik Tasik pada saat itu. Batik Tasik sempat dikabarkan akan mengalami kepunahan karena perusahaan yang masih aktif berproduksi hanya beberapa unit saja.

Dinas KUKM Perindag mengatakan pada tahun 2005 terdapat 12 unit usaha yang ada di Kabupaten Tasikmalaya. Setelah adanya pengakuan batik sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO pada tahun 2009 usaha batik kembali bergairah. Kemudian pada tahun 2010 IKM Batik Tasik tumbuh kembali menjadi 30 unit usaha dan pada tahun 2013 bertambah menjadi 41 unit usaha. IKM tersebut sebagian besar berada di Kampung Ciroyom yang merupakan wilayah perbatasan antara Kelurahan Parakannyasag serta Kelurahan Nagarasari yang merupakan Sentra Batik Kota Tasikmalaya.

Menggeliatnya tentang usaha batik tidak terlepas juga dari upaya yang dilakukan oleh pengusaha Batik Tasik dalam membangkitkan industri Batik Tasik melalui strategi pengembangan produk yang dilakukan sehingga Batik Tasik bisa kembali bersaing dengan batik dari daerah lain. Hal ini juga dilakukan oleh kami, Nagarihardja Batik yang mengembangkan produk batik tidak hanya sebatas komoditas kain saja, namun juga berubah menjadi industri kreatif yang memproduksi fashion pria dan wanita, tas batik, sejadah batik, Jas batik serta accesoris batik.

Adapun saluran pemasaran yang dilakukan oleh kami tidak hanya terbatas dengan saluran pemasaran offline namun juga secara online, sehingga jangkauan pemasarannya lebih luas lagi melingkupi nasional bahkan internasional. Perkembangan Batik Tasik tidak hanya dilakukan oleh beberapa pelaku industri saja tapi juga melibatkan birokrat bahkan anda semua dapat berpartisipasi dengan membeli dan mengenakan batik asli (bukan print) dari kota Tasikmalaya.

Source Perkembangan Batik Tasikmalaya Batik
Comments
Loading...