Perkembangan Batik Sumedang

0 180

Perkembangan Batik Sumedang

Seniman batik daerah Sumedang sedang berusaha untuk mencari jalan agar usaha yang mereka jalankan dapat lebih berkembang dan juga bertahan dalam persaingan di dunia batik. Para pengusaha batik ini mengharapkan adanya perhatian dan juga bantuan dari pemerintah Kabupaten Sumedang. Ada tiga permohonan yang di ajukan oleh para pengrajin batik yang ajukan ke pemerintah daerah yaitu bantuan modal, kemudian penyediaan bahan baku dan juga bantuan dari pemerintah untuk lebih memperkenalkan batik Sumedang ini ke masyarakat luas. Hal ini lah yang dianggap oleh para pengusaha berbagai model baju batik di Kota Sumedang yang menjadi kendala utama mereka dalam menjalankan bisnis batik. Pemerintah daerah dapat membantu mereka dalam tiga hal tersebut, seni pembuatan batik dan juga industri batik di daerah Sumedang ini dapat bergerak maju. Memang perhatian pemerintah daerah dalam hal batik masih sangat kurang dan hal ini lah yang menghambat perkembangan batik di wilayah ini. Hal ini dikemukakan oleh para pengusaha batik yang berada di wilayah Sumedang ini.

Bantuan modal ini dibutuhkan oleh para pengusaha batik ini karena menurut mereka produksi batik di kota Sumedang ini membutuhkan biaya yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan produksi dan pembuatan batik yang dilakukan oleh pengusaha di daerah lain. Biaya dan ongkos produksi yang tinggi ini disebabkan oleh tingginya upah pekerja dan juga tingginya biaya pembelian bahan baku yang berupa kain batik dan juga peralatan membuat batik. Tingginya upah para tenaga pembuat batik di daerah Sumedang ini, ongkos pembelian bahan baku juga cukup tinggi. Hal ini disebabkan karena di daerah Sumedang ini tidak ditemukannya pasar grosir besar yang menjual bahan baku kain batik.

Adanya penjualan berbagai bahan yang dibutuhkan dalam industri batik ini membuat para pengusaha batik di kota Sumedang harus pergi ke daerah Cirebon dan juga Sumedang untuk membeli berbagai macam kebutuhan dalam membuat batik tersebut. Hal ini membuat ongkos produksi meningkat drastis karena biaya yang diperlukan untuk ongkos perjalanan tersebut. Hal ini sangat berpengaruh terhadap harga jual dari kain batik Sumedang. Kain batik di kota ini dijual dengan harga sekitar Rp. 60.000 untuk satu lembar kainnya. Sementara di kota Cirebon harga jual kain batik nya lebih murah dan ini lah yang membuat batik di kota Sumedang menjadi kurang berkembang.

Source Perkembangan Batik Sumedang Batik
Comments
Loading...