Perkembangan Batik Srikit

0 268

Perkembangan Batik Srikit

Batik memiliki banyak motif dengan makna dan nilai filosofis yang berbeda-beda. Indonesia banyak daerah yang menghasilkan batik. Kabupaten Kebumen adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang menghasilkan batik. Kabupaten Kebumen Jawa Tengah adalah salah satu penghasil Batik yang memiliki kekhasan, kualitas yang bagus dan kaya akan motif batiknya, sehingga banyak pecinta batik dari Jawa, sampai luar negeri menginginkan Batik dari Kebumen. Salah satu motif batik Kebumen adalah “Srikit”.

Batik Srikit dan motif klasik lain dari Kabupaten Kebumen sudah bisa menembus pasar dunia, namun eksistensi Batik Srikit di Kabupaten Kebumen tidak seeksis di luar negeri. Banyak masyarakat Kebumen yang tidak mengetahui tentang Batik Srikit, utamanya bagi para generasi muda dan masyarakat yang tidak berprofesi sebagi pengrajin Batik.

Perkembangan Batik Srikit tidak banyak yang mempublikasikan. Batik Srikit berkembang bersama-sama dengan motif lain di Kebumen. Batik srikit yang menjadi motif khas Kabupaten Kebumen ini merupakan hasil kreasi dari pengrajin batik Kebumen. Batik Srikit ini memang fenomenal karena namanya sama dengan nama Ratu Sirikit dari kerajaan Thailand.

Source http://download.portalgaruda.org/article.php?article=427601&val=616&title=Sejarah%20Perkembangan%20Makna%20dan%20Nilai%20Filosofis%20Batik%20Srikit%20%20Khas%20Kabupaten%20Kebumen%20Provinsi%20Jawa%20Tengah
Comments
Loading...