Perkembangan Batik Print

0 179

Perkembangan Batik Print

Saat sudah berkembang dengan cukup baik dan juga beredar dengan jumlah sangat banyak kain yang memiliki motif batik. Kain dengan motif batik ini dibuat dengan cara menggunakan mesin cetak atau pun menggunakan alat sablon. Kain dengan motif batik ini memang baru muncul beberapa tahun terakhir ini. Pemunculan batik print ini tidak lain karena kebutuhan dan juga permintaan yang sangat tinggi untuk batik.

Para pengusaha kemudian berpikir untuk membuat kain batik dengan cara yang tidak membutuhkan waktu yang lama dan juga hemat ongkos produksinya. Dari hasil pemikiran inilah kemudian muncul dan berkembang jenis batik printing. Awal mula batik print ini muncul memang tidak diketahui tetapi suatu hal yang pasti, kain dengan motif batik saat ini merupakan salah satu jenis pakaian yang paling dicari oleh masyarakat.

Untuk cara membuat kain dengan motif batik ini kurang lebih sama dengan proses pembuatan dan pencetakan sablon yang dilakukan dengan menggunakan film dan juga klise. Film ini memiliki fungsi untuk menjadi cetakan motif batik di atas kain yang akan diberikan motif batik di permukaannya. Untuk memberikan warna pada kain dengan motif batik ini pun jauh berbeda dengan cara yang digunakan oleh batik tradisional. Pemberian warna pada kain dengan motif batik ini dilakukan seperti pada pakaian yang umum dan menggunakan pewarna tekstil yang biasa. Batik printing ini pada umumnya dibuat dalam jumlah yang sangat banyak karena proses pembuatannya tidak melalui proses penempelan lilin dan juga dicelupkan ke zat pewarna.

Source Perkembangan Batik Print Batik
Comments
Loading...