Perkembangan Batik Madiun

0 211

Perkembangan Batik Madiun

Perkembangan batik yang ada di daerah Madiun cukup signifikan, setelah batik ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya indonesia yang kaya akan makna dan filosofi, dan sejak itulah perkembangan batik di daerah Madiun mulai meningkat. Jika pada sebelumnya Batik Madiun hanya di produksi dan digunakan oleh kebanyakan masyarakat sekitar, namun sekarang ini Batik Madiun mulai banyak dikenal oleh masyarakat luar dan mulai digemari oleh para pecinta batik seluruh Indonesia.

Batik khas Madiun masih tergolong cukup baru, Batik ini mulai dicetuskan pada tahun 2002, dan Dalam kurun waktu selama enam tahun, keberadaan batik di Kota Madiun tidak menunjukkan perkembangan yang cukup berarti. namun saat ini batik Madiun sudah mulai bangkit dan sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Batik Madiun memiliki motif yang cukup beragam seperti Motif Keris Tundung Madiun, Motif Bunga Melati dan motif floral lainnya.

Adapun motif batik khas Madiun yang merupakan hasil dari perlombaan design motif batik yaitu motif porang yang melambangkan komoditas ekspor, motif beras kutah yang melambangkan lumbung padi dan serat jati, dan motif ini merupakan motif cerminan yang ada didaerah Madiun yang sebagian besar wilayahnya adalah kawasan hutan produksi jati. Warna yang terdapat pada Batik Madiun tidak terikat, Batik Madiun cenderung tergolong dalam Batik Pesisiran.

Source http://bagassetiawan883.blogspot.co.id/ http://bagassetiawan883.blogspot.co.id/2015/06/tulisan-batik-madiun.html
Comments
Loading...