infobatik.id

Perkembangan Batik Lukis

0 28

Perkembangan Batik Lukis

Perkembangan berbagai macam teknik pembuatan motif atau cara memberi warna pada batik telah berkembang dan menciptakan banyak cara baru salah satunya adalah Batik Lukis ini. Proses pembuatan batik ini pada umumnya sama namun jika dilihat hasil akhir dari kedua proses ini akan tampak perbedaan dalam hasil akhirnya. Batik yang dibuat dengan teknik batik lukis akan terlihat memiliki warna yang sangat beragam dan juga dengan tampilan warna yang lebih cerah.

Untuk dapat membuat Motif Batik Lukis ada beberapa tahap yang harus dilakukan diantaranya adalah dengan mempersiapkan kain katun atau kain dengan bahan sutra yang akan diubah menjadi batik dengan teknik batik lukis. Setelah kain ada dan telah siap maka proses selanjutnya adalah memberikan bentuk dan juga pola yang nantinya akan menjadi motif batik yang diinginkan oleh pembuat baju batik tersebut. Selain itu ada juga seniman yang langsung menggunakan canting dan juga malam untuk membentuk pola yang diinginkannya ada pada permukaan batik nantinya.

Proses pembuatan batik dengan teknik lukis terkadang proses batik dan juga warna dilakukan secara bersamaan oleh sang seniman. Hal ini terkadang dilakukan oleh seniman pembuat baju batik untuk memperoleh hasil lukis sesuai dengan yang diinginkan oleh seniman baju batik tersebut. Proses pembuatan batik lukis ini sebenarnya cukup rumit karena ketika membuat pola dengan malam pada permukaan kain tidak gampang seperti ketika pelukis membuat gambar dengan menggunakan pensil pada permukaan kertas. Dengan menggunakan teknik lukis seniman batik dapat menciptakan berbagai efek pada lukisannya dengan lebih mudah seperti membuat efek gradasi atau efek lain yang dikerjakan dengan menggunakan kuas atau juga dibantu dengan kapas. Proses ini juga sebenarnya adalah tahap yang cukup rumit sehingga ketika seniman tersebut berhasil membuat motif dengan warna sesuai dengan keinginannya akan tercipta sebuah karya seni motif batik yang sangat indah.

Source https://batikbiboll.weebly.com/ https://batikbiboll.weebly.com/
Comments
Loading...