Perkembangan Batik Keris Di Indonesia

0 96

Perkembangan Batik Keris Di Indonesia

Batik keris adalah perusahaan batik yang paling besar di Indonesia. Perusahaan ini meliputi pabrik garment, batik tradisional dan juga toko yang sudah menyebar di seluruh wilayah Indonesia. Perusahaan ini memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam hal produksi batik mulai dari home industri sampai saat ini sudah menjadi sangat berkembang. Pabrik yang bertujuan melestarikan budaya Indonesia melalui pakaian ini ingin menjadi perusahaan yang berperan sebagai kerajinan di Indonesia. Walaupun produk dari batik keris ini adalah batik, namun berbagai model batiknya sudah modern dan mengikuti tren, di antaranya koleksi slim fit collection, sutra wanita, profesional, teenager dan keluarga. Pasar yang dituju oleh perusaan ini yaitu target pasar menengah ke atas dan mereka menjual produk dengan harga yang sesuai.

Batik Keris memiliki misi untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bangga dan bersyukur pada Tuhan karena sudah memberikan negeri yang kaya akan beragam budaya mulai dari seni tari, suara, kerajinan sampai pakaian. Negeri yang sangat luar biasa dengan pemandangannya yakni laut, pantai, pegunungan, flora dan fauna. Dengan rasa syukur yang mendalam, keanekaragaman bukan lagi sebagi pemecah, namun justru sebagai pemersatu Bangsa Indonesia. Batik Keris ingin membatu melestarikan budaya bangsa dengan cara menggali berbagai seni suara, seni pakaian, seni tari dan seni kriya tersebut dengan dengan mempopulerkannya di tengah masyarakat sesuai dengan zamannya.

Modifikasi sesuai dengan zaman merupakan hal yang sangat penting agar budaya tersebut bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Toko-toko batik keris terus mencoba mewakili keindahan beragam budaya Indonesia. Ada 2 cara dalam membuat batik di perusahaan ini yaitu dengan sistem mesin dan manual. Batik Keris dimulai sejak tahun 1947. Ketika Almarhum Kasom Tjokrosaputro dan Ibu Gaitini (istrinya) yang berdagang batik setelah menikah. mereka belajar batik dari orang tuanya yakni Bapak Kasom Tjokrosaputro. Lalu di Solo beliau membuka toko batik Keris. Karena berkembang, mereka mendirikan pabrik batik di Kemlayan, Solo tepatnya di belakang toko Keris. Batik Keris berevolusi untuk terus berkarya dalam industri batik yang sesuai dengan jamannya.

Source https://www.batiknulaba.com/ https://www.batiknulaba.com/blog/news/perkembangan-batik-keris-di-indonesia/
Comments
Loading...