Perkembangan Batik Kendal

0 165

Perkembangan Batik Kendal

Kabupaten Kendal memiliki banyak sekali potensi daerah yang dapat di bangga kan sebagai kebanggaan daerah mereka. Usaha pembuatan batik adalah salah satu jenis industri yang telah berkembang dengan sangat baik dan cukup baik di daerah ini. Batik adalah sebuah teknik yang ditemukan oleh nenek moyang masyarakat Jawa untuk membuat berbagai macam motif yang indah dan juga warna yang indah pada kain yang diinginkan. Kain ini biasanya dibuat dengan mengangkat kebudayaan khas dari daerah yang membuat dan juga menciptakan pola batik.

Cara ini dilakukan untuk melestarikan ragam hias yang dimiliki daerah tersebut atau bisa juga untuk memperkenalkan kebudayaan masyarakat daerah kepada seluruh Indonesia dan  juga luar negeri. Kota yang sangat terkenal sebagai pembuat batik adalah kota Pekalongan, Solo dan juga Yogyakarta. Namun bukan berarti saat ini batik hanya berasal dari kota tersebut. Saat ini banyak sekali kota yang juga membuat berbagai macam motif batik. Kendal juga memiliki industri pembuatan batik yang sangat indah dan batik Kendal yang dikenal adalah batik Kaliwungu yang telah ada sejak awal abad ke dua puluh.

Pusat pembuatan batik di daerah ini adalah Kampung Kapulisen yang terletak di Desa Krajan Kulon. Selain itu ada juga pusat pembuatan batik di Desa Kutoharjo yang terletak di Kecamatan Kaliwungu Kota Kendal. Batik di daerah ini sempat mengalami masa surut karena banyak pengusaha batik pada waktu itu tidak memiliki penerus untuk usahanya. Namun hal ini kemudian mulai berubah ketika salah satu keturunan dari pembuat batik di masa lalu mulai kembali mengangkat dan mendorong kemajuan pembuatan batik di wilayah ini. Awal memasuki tahun 2000, usaha pembuatan batik mulai kembali berkembang di daerah ini dan mulai membuat berbagai macam motif batik baik yang baru atau berusaha menemukan kembali motif batik tradisional yang dahulu berkembang di daerah ini.

Source Perkembangan Batik Kendal Batik
Comments
Loading...