Perkembangan Batik Karawang

0 229

Perkembangan Batik Karawang

Batik merupakan sebuah seni yang diciptakan oleh suku Jawa dan dijadikan warisan budaya yang hingga saat ini masih sangat terkenal. Seni batik ini pertama kali di kenal kan ke dunia internasional oleh Presiden Soeharto yang pada waktu itu menggunakan baju batik ketika menghadiri konferensi PBB. Batik adalah seni membuat pola dan juga berbagai macam warna yang indah pada permukaan kain putih. Kain yang dipakai sebagai bahan dasar pada umumnya merupakan kain dengan jenis katun.

Tetapi banyak juga batik yang menggunakan bahan dasar kain lain seperti kain sutera, rayon dan beberapa jenis kain lainnya. Pola pada kain batik ini diciptakan dengan membubuhkan cairan lilin malam pada permukaan kain yang membuat warna tidak dapat memasuki daerah tersebut. Pemberian warna pada kain batik pada umumnya dilakukan dengan menggunakan teknik celup dan dilakukan dengan memberikan warna yang muda terlebih dahulu dan baru warna yang tua atau warna gelap. Setelah mengalami proses pencelupan beberapa kali maka kain tersebut akan melalui proses direbus yang berfungsi untuk membersihkan lilin malam yang menempel pada kain tersebut.

Perkembangan seni batik di Karawang telah memiliki umur yang cukup tua. Karawang telah memiliki beragam corak batik yang cukup banyak dan paling tidak telah memiliki sekitar sepuluh corak dan motif baju batik yang khas dari kota ini. Tetapi cukup disayangkan, corak batik dari kawasan ini masih belum terlalu dikenal oleh masyarakat luas. Bahkan masih banyak masyarakat daerah ini yang belum mengetahui bahwa daerah ini memiliki motif batik yang khas dari daerah mereka. Padahal sebenarnya motif batik dari kota ini sangat indah dan dapat bersaing dengan motif batik yang berasal dari daerah lain. Sehingga membutuhkan usaha dan juga semangat yang besar dari para pelaku industri ini untuk membuat seni batik di kota ini terkenal lebih luas lagi.

Source Perkembangan Batik Karawang Batik
Comments
Loading...