Perkembangan Batik Jawa Timur

0 358

Perkembangan Batik Jawa Timur

Perkembangan batik yang ada di daerah Jawa Timur cukup banyak dan hingga saat ini masih banyak dijumpai di berbagai daerah. Salah satu wilayahnya yang membuat batik adalah Kota Magetan. Kota kecil yang berada di kaki gunung lawu ini memiliki seni batik dengan motif batik yang khas. Motif batik yang berkembang di daerah jawa timur ini menganut aliran bebas dan tidak memiliki pakem dalam pembuatan motif batiknya. Motif batik yang dibuat oleh masyarakat kota Magetan ini mengambil ide dari bentuk bambu yang merupakan tumbuhan yang banyak dijumpai di daerah tersebut.

Selain Kota Magetan salah satu kota di Jawa Timur yang membuat motif batik adalah kota Pacitan. Di kota ini mengenal motif batik yang diberi nama Motif Batik Sidomulyo, Motif Batik Sekar Jagat, Motif Batik Semen Romodan Kembang-kembang. Kota Sidoarjo yang juga berada di wilayah Jawa Timur juga memiliki kampung batik yang dikenal dengan sebutan batik Jetis. Di dalam kampung batik ini masyarakat Sidoarjo membuat motif batik dengan teknik tulis. Motif batik tulis yang dibuat oleh masyarakat Sidoarjo ini pada umumnya dibuat dengan bentuk motif bunga dan juga fauna yang khas ada di wilayah Sidoarjo. Sementara untuk warna batik yang mereka buat pada umumnya menggunakan warna seperti merah, hijau, kuning dan juga hitam. Dalam hal motif batik yang dibuat oleh masyarakat daerah ini tidak mengalami banyak perkembangan dan masih menggunakan motif batik klasik yang telah dibuat secara turun temurun dalam keluarga Batik Sidoarjo.

Batik yang juga berkembang di wilayah lain di Jawa Timur adalah Batik Gedog. Batik Tuban ini disebut memiliki motif batik yang mirip dengan Motif Batik Cirebon yang berasal dari pertengahan abad ke sembilan belas. Motif batik ini menjadi mirip karena penggunaan benang pintal dan juga pemilihan warna merah dan juga warna biru ketika melakukan proses pencelupan kain. Batik lainnya dari Jawa Timur berasal dari daerah Banyuwangi. Motif batik dari daerah ini dikenal dengan motif batik yang banyak mendapatkan pengaruh dari keadaan alam kota tersebut. Salah satu motif batik yang sangat terkenal dari kota ini adalah Motif Batik Gajah Oling. Selain itu ada juga Motif Batik Sembruk Cacing yang memiliki bentuk seperti cacing dan juga ada Motif Batik Gedegan yang bentuknya mirip dengan anyaman bambu.

Source Perkembangan Batik Jawa Timur Batik
Comments
Loading...