infobatik.id

Perkembangan Batik Garut

0 49

Perkembangan Batik Garut

Perkembangan Batik Garutan dari dulu sampai sekarang telah melalu fasefase tertentu dimana batik Garutan harus berjuang untuk tetap tumbuh dan berkembang menjadi sebuah identitas daerah Kabupaten Garut. Batik Garutan memiliki karakteristik yang sangat unik dan berbeda dengan daerah penghasil kain batik lainnya. karateristik Batik Garutan terletak pada garis motif hias, warna dan corak batiknya. Garis motif yang dimiliki Batik Garutan ialah tidak serumit dan setipis motif batik daerah lainnya, warna khas yang menjadi ciri Batik Garutaan ialah warna beureum getih dan beureum ati (merah darah/cerah dan merah marun), biru bulao (biru dongker) dan gadingan (warna krem). Selain dari kedua ciri khas tersebut, yaitu stilasi motif dan warna yang terinspirasi dari kehidupan sehari-hari dari pengrajin batiknya.

Inspirasi desain motif batik yang diciptakan para pengrajin batik adalah dari lingkungan sekitarnya baik itu alam maupun kegiatan keseharian dari penduduk Kabupaten Garut dan keindahan Flora dan Fauna yang ada di Kabupaten Garut. Motif Batik Garutan yang ada dari dulu sampai sekarang dan tetap menjadi identitas batik Garutan ialah Motif Merak Ngibing, Motif Bulu Hayam, Motif Tigadara, dan Motif Mojang Priangan.

Batik Garutan asli terkenal sangat mahal harganya karena Batik Garutan asli adalah batik tulis. Batik cap yang kini sering dijumpai adalah merupakan hasil dari trasnfer ilmu pengetahuan mengenai batik dari Tasikmalaya. Batik Garutan sampai saat ini masih bertahan dengan beberapa pengrajin asli penduduk Kabupaten Garut, dan beberapa pengrajin yang bukan asli penduduk Kabupaten Garut. total semua pengrajin batik Garutan saat ini ialah 16 pengrajin.

Source http://repository.upi.edu/26538/8/S_PSR_1203044_Chapter5.pdf
Comments
Loading...