infobatik.id

Perkembangan Batik Di Jabar Makin Diperhitungkan

0 21

Perkembangan Batik Di Jabar Makin Diperhitungkan

Ada sebanyak 75 anggota Paguyuban Pecinta Batik Indonesia Sekar Jagad Jogja siang tadi melakukan kunjungan ke workshop Batik Komar, Jalan Cigadung Raya Timur, Bandung. Ketua Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB) Sendy Yusuf menuturkan kunjungan tersebut dalam rangka studi banding untuk melihat perkembangan industri batik Jawa Barat. “Mereka memilih Jawa Barat pada kunjungan kali ini, itu artinya Jawa Barat sudah diperhitungkan di kancah industri batik nasional, “ tuturnya.

Anggota paguyuban tersebut akan melakukan kunjungan ke sejumlah daerah lain di Jawa Barat seperti Cirebon. “Kami juga akan memberi penjelasan pada mereka mengenai perkembangan YBJB, misalnya apa saja yang sudah kami lakukan untuk membangkitkan industri batik di wilayah Jawa Barat. Salah satunya yaitu kami membangkitkan kembali Batik Ciamis yang hampir bangkrut, “ tambahnya.

Ketua Umum Paguyuban Sekar Jagad Larasati Suliantoro menuturkan pelaku dalam industri batik harus menjalin kerjasama seperti halnya kunjungan yang dilakukan hari ini. Karena dia menilai batik perlu dikembangkan dan dilestarikan seiring dengan diakuinya batik oleh Unesco. Kondisi industri batik di Jogja setelah bencana sempat mengkhawatirkan. Pihaknya mengaku bangga terhadap berbagai langkah yang telah dilakukan oleh YBJB dalam mengembangkan industri batik Jawa Barat.

Source http://bandung.bisnis.com/ http://bandung.bisnis.com/read/20120329/6/162701/batik-perkembangan-batik-di-jabar-makin-diperhitungkan
Comments
Loading...